Setiap kendaraan yang digunakan di jalan raya wajib memasang plat nomor yang menjadi tanda identifikasi dan registrasi setiap kendaraan. Bagi yang tidak memasangnya maka akan dikenai sangsi atau hukuman yang berlaku. Dan saat ini plat nomor lebih aman jika dipasang menggunakan komponen cover pelindung plat nomor.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, setiap sepeda motor keluaran terbaru Honda sudah dilengkapi dengan cover plat nomor berupa Honda Genuine Accessories (HGA) yang memiliki bahan berkualitas, presisi, kuat dan membuat plat nomor lebih awet dan terlindung dari kotoran dan debu. Materialnya yang terbuat dari plastik menjadikan cover plat nomor Honda lebih aman dan lentur sehingga tidak mudah bengkok saat ditekuk.

Tapi beberapa pengendara terkadang walaupun sudah memasangnya tapi lalai untuk merawat atau tidak tepat cara memasangnya. Jika dibiarkan, beberapa gejala akan timbul diantaranya cover plat nomor yang bergetar dan jika beberapa skrup dan bautnya longgar bisa berpotensi menyebabkan plat nomor terjatuh saat di perjalanan.

Dan berikut ini ada beberapa tips untuk merawat cover plat nomor sepeda motor, diantaranya.

Rutin dibersihkan

Sama seperti bagian lainnya pada sepeda motor, cover pelindung plat nomor juga harus sering dibersihkan secara rutin.Baik itu saat mencuci sepeda motor, atau ketika mengecek kendaraan ketika bersiap hendak melakukan aktivitas berkendara.

Membersihkan cover plat nomor bukan hanya bagian luarnya saja, tapi juga dibagian dalamnya. Karena biasanya terdapat kotoran, debu dan lumpur yang mengendap dibagian lipatan cover plat nomor.

Periksa baut, mur dan skrup

Selalu pastikan baut dan mur di bagian dalam yang menempel pada bracket plat nomor terpasang dengan baik, jika longgar kencangkan menggunakan obeng dan kunci pas. Begitu juga dengan skrup pada penutup cover plat nomor harus dalam posisi terkunci dengan baik. Kencangkan kedua komponen tersebut agar cover plat nomor terpasang dan terhindar dari gejala longgar yang bisa mengakibatkan baik plat nomor dan cover plat nomor terjatuh saat di perjalanan.

Hindari pemasangan aksesoris tambahan

Dan yang harus diperhatikan adalah hindari penggunaan aksesoris tambahan yang biasanya dipasangkan atau di tempel pada komponen cover plat nomor. Selain itu hindari juga menggantungkan barang atau benda lainnya pada bagian cover plat nomor. Tentunya supaya tidak ada beban tambahan yang bisa berpotensi menyebabkan cover plat nomor patah atau terlepas.

Cover pelindung plat nomor kendaraan juga harus dipasangkan pada tempat yang sudah ditetapkan, jangan memasangnya pada posisi yang tidak tepat dan bukan peruntukannya, seperti di atas windscreen, di atas spakbor depan atau di depan radiator sepeda motor karena bisa menggangu kinerja komponen tersebut.

Pengendara juga diharuskan untuk selalu mematuhi peraturan dan rambu-rambu lalu lintas, dan selalu gunakan perangkat keselematan berkendara seperti helm, sepatu, sarung tangan dan jaket agar selalu #Cari_Aman saat berkendara di jalan raya.