Helm menjadi bagian penting sebagai perangkat keselamatan berkendara terutama untuk melindungi area vital seperti kepala. Tapi tentunya helm hanya digunakan saat berkendara diatas sepeda motor saja, sedangkan untuk aktifitas lainnya atau ketika hendak memasuki kawasan umum, helm hendaknya dilepas atau tidak digunakan dan sebaiknya disimpan di tempat yang aman.

Pada umumnya pengendara menyimpan helm diatas jok sepeda motor, atau sering kali terlihat mereka menyimpannya di atas kaca spion. Tindakan tersebut tentunya kurang tepat, selain rawan terjatuh atau mengalami kaerugian akibat pencurian, menyimpan helm pada tempat juga bisa juga berpotensi merusak komponen sepeda motor, terutama pada kaca spion yang menyebabkan oblak atau kendor.

Lantas dimana tempat menyimpan helm yang aman? Berikut beberapa tipsnya.

1. Disimpan di Bagasi

Untuk sepeda motor Honda keluaran terbaru baik terutama untuk produk skutik sudah dilengkapi dengan ruang bagasi dibawah jok sepeda motor. Kapasitasnya cukup besar sehingga bisa untuk memuat sebuah helm.

Menyimpan helm di bagasi sepeda motor tentunya paling tepat dilakukan, selain aman dari tindakan pencurian tentunya aman dari cuaca panas maupun hujan.

2. Disimpan di gantungan barang

Jika tidak terdapat bagasi, setiap unit sepeda motor biasanya dilengkap dengan hook atau cantolan yang digunakan untuk menggantung beberapa barang bawaan ringan termasuk helm. Hook ini letaknya ada di area dek depan, ada juga yang berada di bawah kursi jok sepeda motor.

3. Gunakan aksesoris kunci helm

Selain hook untuk menggantungkan helm, biar lebih aman bisa juga menggunakan aksesoris berupa rantai atau tali yang dilengkapi kunci khusus untuk mengunci helm pada bagian sepeda motor. Seperti dikunci melalui rear grip atau behel atau bagian lainnya supaya helm terkunci dengan baik dan menghindari tindakan pencurian.

4. Disimpan di tempat penitipan helm

Di area tempat parkir Mall, Rumah Sakit atau tempat umum lainnya terdapat area khusus untuk penitipan helm. Tentunya fasilitas tersebut bisa dimanfaatkan untuk menyimpan helm agar lebih aman, dan tenang ketika meninggalkan sepeda motor.

5. Dibawa ke tempat tujuan

Dan jika tidak terdapat fasilitas tersebut, maka tindakan yang lebih aman adalah dengan membawa helm ke tempat yang dituju. Tapi harus diperhatikan ketika membawa helm ke tempat umum disarankan untuk tidak digunakan atau dilepas dari kepala, atau membawanya dengan aman sehingga tidak menggangu ketertiban pengunjung lainnya.