Salah satu perawatan sepeda motor yang paling mudah dilakukan adalah dengan mencucinya secara rutin. Namun yang sering kali luput dilakukan adalah tindakan pasca mencuci sepeda motor seperti mengelap bodi dan juga bagian lainnya pada sepeda motor untuk membuatnya lebih bersih secara menyeluruh.

Bukan hanya setelah mencuci, tindakan mengelap sepeda motor juga bisa dilakukan ketika sepeda motor yang dalam kondisi basah seperti ketika terkena embun atau air hujan. Namun harus diperhatikan, kain lap yang digunakan juga tidak bisa sembarangan, harus dipastikan bersih dari kotoran agar tidak berpotensi merusak cat bodi sepeda motor.

Ada beberapa jenis kain lap yang memang khusus disediakan guna diperuntukan untuk mengelap bodi atau bagian sepeda motor yang aman, diantaranya lap jenis Chamois dan ada juga lap yang terbuat dari bahan Microfiber. Lantas, mana yang lebih baik diantara keduanya? Dan apa perbedaanya?

Lap Chamois/Kanebo

Lap Chamois atau yang juga dikenal dengan nama lap Kanebo terbuat dari bahan PVA (Polyvinyl Alcohol), memiliki karakteristik seperti busa spons atau dengan bahan yang lebih tipis yang diperkuat dengan serat kain sehingga tidak mudah robek. Lap jenis ini dikenal dengan daya serap yang lebih banyak dan juga daya tahan yang lebih baik sehingga dapat digunakan dalam jangka panjang.

  •  Kelebihan lap Chamois selain memiliki daya serap yang lebih banyak dari kain lainnya, juga bisa lebih cepat kering dengan beberapa kali perasan saja. Kemampuannya untuk menyerap air pada permukaan bodi motor sangat baik dan menjadi kering lebih cepat.
  • Sedangkan untuk kekurangannya, lap Chamois ini hanya digunakan dalam kondisi lembab atau basah, sehingga dalam kondisi kering lap jenis ini tidak bisa digunakan dan cenderung memiliki permukaan yang keras dan bisa berpotensi merusak bagian cat sepeda motor.

Lap Microfiber

Terbuat dari campuran bahan tekstil sintetis seperti nilon, polyester, rayon, dan prolen.Karakteristik lap jenis ini mirip seperti handuk tapi dengan permukaan yang lebih halus dan lembut, sehingga aman digunakan untuk mengelap bagian sepeda motor baik dalam kondisi basah maupun kering.

  • Lap Microfiber memiliki keunggulan sama-sama memiliki daya serap yang lebih baik dari kain biasa juga lebih kuat dan tidak mudah sobek. Dan dibanding lap Kenbo, lap jenis ini bisa digunakan dalam kondisi basah maupun kering dan sehingga lebih aman dan tidak merusak bagian cat pada bagian sepeda motor.
  • Kekurangannya walaupun memiliki daya serap yang baik tapi permukaan kain ini cepat kering tidak secepat kanebo.

Dan untuk membuat permukaan sepeda motor lebih cepat kering dan bersih maksimal, bisa menggunakan kedua jenis kain tersebut. Yakni ketika permukaan bodi dan bagian sepeda motor dalam kondisi basah bisa mennggunakan Chamois terlebih dahulu untuk menyerap air, sedangkan untuk membersihkannya secara menyeluruh sampai sela-sela yang sulit dijangkau bisa menggunakan lap Microfiber untuk membuatnya bersih sacara maksimal.

Selain perawatan dengan menjaga kebersihan sepeda motor, perawatan pada bagian mesin juga harus turut diperhatikan seperti melakukan service secara rutin dan ganti oli sesuai jadwal pergantian tentunya agar performa mesin tetap terjaga dan sepeda motor bisa bekerja dalam kondisi prima.