Dimusim hujan jalanan yang dilalui pengendara biasanya mengalami kendala seperti genangan banjir, jalanan rusak dan juga jalanan yang berlumpur. Bagi pengendara untuk jenis sepeda motor dual purpose seperti motor trail atau motor bergaya adventure tentunya kondisi tersebut tidak menjadi kendala, tapi berbeda halnya jika yang digunakan adalah sepeda motor jenis matic, atau sepeda motor yang umum sebagai kendaraan sehari-hari di perkotaan.

Lantas bagaimana cara agar berkendara aman ketika melewati jalanan berlumpur, khususnya untuk pengendara yang menggunakan sepeda motor jenis matic? Berikut tipsnya.

Jalanan yang berlumpur pada umumnya akan memiliki karakter licin dan lengket, itu karena merupakan kontur tanah yang tergenang air sehingga akan tidak stabil ketika terlindas oleh roda sepeda motor.

Langkah yang harus dilakukan adalah dengan menghindari jalanan tersebut, apalagi jika jalanan berlumpur dalam kondisi ekstrim dan berada di jalanan menurun tajam dan banyak tikungan dan ban yang digunakan adalah jenis ban yang sudah aus atau gundul yang rawan selip. Pengendara bisa pilih jalur lain sebagai alternatif.

Tapi jika tidak ada jalur lain dan terpaksa melanjutkan perjalanan melewati jalanan berlumpur, yang pertama adalah dengan mengurangi kecepatan. Gunakan kecepatan rendah saat melewati jalanan berlumpur dan jaga posisi berkendara yang aman dan nyaman, boleh menurunkan kaki untuk menjaga agar kondisi motor stabil ketika memilih jalur yang lebih aman dilewati.

Saat melewati jalanan berlumpur, hindari penggunaan rem depan berlebih agar terhindar gejala tergelincir. Untuk itu disarankan jari tangan kanan tidak standby di handle rem depan. Gunakan rem belakang secara perlahan dengan mengatur tarikan throttle atau gas untuk menjaga agar ban ban belakang tidak selip.

Dan ketika mendapati gejala selip dan ban belakang terjebak di lumpur yang agak dalam, yang harus dilakukan adalah dengan berdiri dan menurunkan kedua kaki kemudian condongkan badan kedepan agar sepeda motor tidak ada beban yang menahan laju motor serta pada saat gas ditarik perlahan sedikit tambahkan dorongan kedua tangan pada stang kemudi
Jika masih kesulitan, pengendara bisa turun kemudian mendorong sepeda motor sampai keluar dari jebakan lumpur.

Selanjutnya kendalikan sepeda motor agar tetap stabil dengan menjaga kecepatan dan pengendalian rem yang tepat secara perlahan,  Hindari melakukan akeslerasi yang tiba-tiba dan posisikan badan yang lebih nyaman sampai bertemu jalanan dengan kondisi rata dan aman untuk dilalui.