Untuk menyalakan mesin, pada umumnya sepeda motor memiliki dua jenis starter. Diantaranya elektrik starter yang menggunakan energi listrik untuk memutar poros engkol dan satu lagi adalah model kick starter dimana harus mendapat tenaga eksternal dari gerakan tekanan kaki pengendara untuk memutar poros engkol ketika menyalakan mesin sepeda motor.

Kick starter memiliki beragam jenis menyesuaikan model sepeda motornya, dan masing-masing memiliki cara untuk menggerakan dan menyalakannya. Diantaranya.

Kick Starter motor matic

Posisi kick starter sepeda motor matic berada di sebelah kiri, tepatnya berada pada bagian luar cover CVT. Untuk menggerakannya terbilang cukup ribet, maka dari itu di beberapa model motor matic sudah tidak lagi menggunakan model starter seperti ini.

Menyalakan kick starter sepeda motor matic harus menurunkan standar tengah terlebih dahulu, sama seperti biasanya, sebelum menyalakannya pastikan standar samping telah dinaikan dan lalu kemudian putar kunci kontak dalam posisi on.

Gunakan kaki kanan untuk menekan pedal kick starter, tangan kanan memutar throttle atau hanfat gas dan tangan kiri menekan tuas rem dan sekali tekan dan jika tidak ada kendala seperti kehabisan bensin atau kerusakan pada bagian kelistrikan, maka sepeda motor akan menyala sempurna.

Kick starter pada sepeda motor matic akan sangat berguna ketika baterai atau aki dalam keadaan drop. Tapi karena jarang digunakan, kick starter harus sering dilakukan pengecekan dan perawatan secara rutin.

Kick starter motor bebek

Posisi kick starter sepeda motor bebek berada di sebelah kanan, tepat di samping crankcase mesin sebelah kanan. Karena menggunakan model perpindahan gigi secara rotari atau berputar, untuk menyalakan kick starter pada motor bebek maka pengguna harus memastikan gigi perseneling pada posisi netral atau N.

Karena menggunakan sistem transmisi dengan kopling semi otomatis, pada umumnya kick starter sepeda motor bebek lebih mudah dan praktis karena tidak perlu menekan tuas kopling ketika menggerakan perseneling.

Kict starter motor sport

Jika tidak terdapat kendala pada bagian kopling dan juga bagian dalam mesin dalam kondisi baik, maka kick starter pada sepeda motor akan bekerja optimal. Mekanisme penggunannya mirip dengan sepeda motor bebek, posisinya pun sama yakni di sebelah kanan crankcase mesin sepeda motor.

Yang berbeda adalah sistem perpindahan gigi, dimana sepeda motor sport biasanya menggunakan kopling dengan transmisi manual yang memiliki pola 1-N-2-3-4-5-6. Dimana untuk menyalakan mesin, maka posisi perseneling juga harus dalam posisi N atau Netral, tentunya agar mesin sepeda motor menyala dengan baik, tanpa merusak komponen seperti kopling dan juga gigi transmisi di dalam mesin.

Untuk perawatan, semua jenis kick starter sepeda motor tentunya cukup mudah yakni perangkat kick starter jangan lupa untuk dibersihkan ketika mencusi sepeda motor dan ketika melakukan service rutin jangan lupa komponen tersebut untuk dicek oleh mekanik apakah ada kendala atau tidak ketika digunakan.

Bisa cek, ketika diselah. Apakah berjalan normal. Jika terkendala seperti seret, keras ketika diinjak atau sebaliknya seperti ngelos dan tidak bisa kembali maka terdapat masalah di beberapa komponen di dalamnya. Dan jika terdapat masalah, maka segera kunjungi bengkel AHASS terdekat untuk melakukan service dan perbaikan. Untuk menjaga dan merawat semua komponen sepeda motor tetap terjaga prima.