Pelumas mesin sepeda motor memiliki peran penting untuk menjaga performa mesin dan kondisi komponen di dalamnya tetap terjaga. Tapi sisi lainnya adalah munculnya oil sludge atau endapan pelumas yang bercampur kotoran atau residu sisa pembakaran.

Mengatasi masalah tersebut, Oil System Cleaner bisa dijadikan andalan. Oil System Cleaner, atau pembersih sistem oli, adalah bahan kimia yang dirancang khusus untuk membersihkan berbagai komponen dalam sistem pelumasan mesin kendaraan, termasuk mesin sepeda motor atau mobil.

Oil System Cleaner berfungsi membersihkan kotoran, endapan, dan residu yang dapat terbentuk dalam sistem pelumasan.

Berikut beberapa fungsi penting dari Oil System Cleaner:

  1. Menghilangkan Endapan dan Lumpur
    Seiring waktu, oli mesin dapat mengandung endapan, lumpur, dan partikel-partikel kecil yang dapat mengendap di berbagai bagian sistem pelumasan. Apalagi bagi pemilik kendaraan yang sering terlewat melakukan perawatan berkala ke bengkel AHASS.
    Dengan Oil System Cleaner akan mempermudah proses penguraian dan pembersihan endapan kotoran tersebut.
  2. Pembersihan Saluran Oli
    Pada sistem pelumasan di dalam konstruksi mesin sepeda motor ada bagian-bagian yang sulit dijangkau dengan tangan, seperti saluran oli, saluran tekanan oli, dan galeri-galeri. Bagian-bagian tersebut bisa menjadi tempat bertumpuknya endapan kotoran dan residu sisa pembakaran sehingga saluran sistem pelumasan bisa tersumbat.
    Pembersihan saluran-saluran ini dapat dilakukan dengan menggunakan Oil System Cleaner guna memastikan aliran oli yang lancar ke semua bagian mesin.
  3. Membersihkan dan Mengurangi Gesekan Komponen Internal Mesin
    Oil System Cleaner dapat mempermudah proses pembersihan komponen internal mesin seperti piston, klep, dan bearing. Hal ini membantu mengurangi gesekan antar bidang komponen yang bergerak sehingga komponen-komponen tersebut bisa bekerja dengan optimal.
    Dengan begitu, performa mesin bisa terjaga dan konsumsi bahan bakar bisa ditekan.
  4. Mencegah Pembentukan Deposit Karbon
    Deposit karbon yang terbentuk dari sisa pembakaran di dalam ruang mesin bisa mengurangi kinerja mesin dan menyebabkan masalah seperti knocking atau detonasi. Dengan penggunaan Oil System Cleaner, tumpukan deposit sisa pembakaran pada bagian penting mesin sepeda motor bisa dicegak.
    Pembersih sistem oli biasanya digunakan sebagai bagian dari langkah preventif untuk menjaga kesehatan mesin kendaraan.

Untuk menjaga kinerja mesin dan seluruh komponen sepeda motor tetap optimal, langkukanlah service rutin di bengkel AHASS terdekat. Manfaatkanlah fasilitas booking service untuk perawatan sepeda motor bebas antri.

Sumber : https://www.astra-honda.com/article/fungsi-oil-system-cleaner