Di bagian setang kemudi sepeda motor terdapat beberapa komponen yang sangat penting, diantaranya selongsong gas handle rem dan kopling dan juga bagian saklar yang terdiri dari beberapa tombol. Bagian tersebut harus bekerja optimal, karena jika terdapat masalah maka berkendara akan terganggu dan bahkan tidak aman.

Beberapa kendala yang sering ditemui pada bagian saklar sepeda motor diantaranya, tidak bisa menyalakan starter, tuas tombol lampu sein dan klakson tidak bekerja sehingga ketika digunakan berkendara bisa berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Penyebab kendala tersebut biasanya karena bagian tombol pada saklar tersebut terdiri dari beberapa faktor, tapi pada umumnya disebabkan keran kurang perawatan dan juga pengendara yang kurang menerapkan pola kebersihan pada sepeda motor.

Untuk itu ada beberapa tips untuk merawat tombol pada saklar sepeda motor, diantaranya.

1. Jaga kebersihan tombol dan saklar

Sama seperti komponen lainnya, tombol pada saklar sepeda motor juga harus terjaga kebersihannya. Yaitu ketika mencuci sepeda motor, bagian tersebut jangan sampai terlewat untuk selalu dibersihkan. Bahkan, sebenarnya tombol pada saklar sering kali banyak menempel debu dan kotoran yang jika lama kelamaan akan menumpuk dan berpotensi menyebabkan kerusakan.

2. Gunakan cairan pembersih khusus

Kerusakannya tak hanya dibagian tombolnya saja, tapi dibagian belakangnya yang merupakan komponen kelistrikan. Maka dari itu, selain dibersihkan ketika mencuci, maka harus sering diberikan contact cleaner atau cairan pembersih khusus yang tidak menyebabkan korosi untuk membersihkan di bagian dalamnya, supaya kotoran yang menempel pada komponen kelistrikan rontok dan tidak merusak.

3. Menjaga dari cuaca

Untuk membuatnya tetap awet, hindari komponan tombol pada saklar sepeda motor terpapar sinar matahari dan hujan secara langsung, caranya dengan parkir di tempat yang teduh atau tutup dengan cover ketika hujan atau terik panas di siang hari.

4. Hindari perangkat modifikasi

Untuk membuat komponen tombol pada saklar sepeda motor tetap awet, disarankan untuk tidak melakukan modifikasi yang merubah bagain tombol pada saklar. Karena selain berpotensi merusak juga bisa menggugurkan klaim garansi.

Tapi sering digunakan dan terpapar cuaca secara langsung, otomatis karena usia pakai tombol pada saklar juga pada waktunya harus diganti dengan yang baru. Untuk itu selalu lakukan perawatan dan perbaikan serta penggantian sparepart di bengkel AHASS untuk menjamin kualitas dan kewetannya tetap terjaga.