Menggunakan helm adalah suatu keharusan ketika berkendara. Bukan hanya untuk lifestyle, Helm sejatinya adalah perangkat keselamatan berkendara untuk melindungi bagian vital dari tubuh yaitu kepala. Sehingga jika berkendara tidak menggunakan helm maka merupakan sebuah tindakan pelanggaran lalu-lintas.

Karena untuk menunjang keselamatan, Helm yang digunakan harus menggunakan material yang sesuai standar sehingga kuat menahan gesekan dan benturan untuk melindungi kepala. Helm juga harus nyaman ketika digunakan agar tidak menggangu focus dan konsentrasi dan yang terpenting tidak mengganggu visibilitas atau penglihatan ketika berkendara.

Apalagi ketika musim hujan, pengendara diharuskan lebih bijak untuk memilih helm yang tepat supaya lebih aman, dan nyaman saat berkendara. Untuk itu simak beberapa tipsnya.

1.Pilih helm full face

Berkendara di musim hujan disarankan untuk menggunakan helm full face, alasannya karena helm jenis ini melindungi area depan terutama wajah dari guyuran atau cipratan hujan lebih optimal. Setidaknya lebih baik ketimbang helm jenis lainnya, tapi yang terpenting helm yang digunakan tetap nyaman dan bisa melindungi kepala secara menyeluruh.

2.Hindari kaca atau visor helm gelap

Baik helm full face atau model half face, yang terpenting helm yang digunakan saat hujan adalah bagian kaca atau visornya yang berwarna clear atau bening, hindari warna visor gelap supaya visibilitas atau penglihatan selama berkendara tidak terganggu.

3. Gunakan fitur anti embun

Saat ini beragam inovasi disediakan oleh produsen helm, sehingga bukan hanya aman, helm juga semakin memanjakan konsumennya dengan beragam fitur. Salah satunya fitur anti embun berupa pinlock. Atau bisa juga menggunakan cairan khusus yang membuat kaca atau visor helm terhindar dari embun yang menggangu pandangan saat berkendara.

Satu lagi yang harus diperhatikan, Tingkat kecelakaan sepeda motor lebih banyak terjadi ketika berkendara saat hujan. Untuk itu disarankan untuk menepi dan berteduh sejenak menunggu sampai hujan reda. Tetap sabar dan tertib berlalu-lintas agar tercipta berkendara yang aman sehingga bisa selamat sampai tujuan.