Memasuki musim hujan pengendara sepeda motor diharuskan untuk lebih berhati-hati karena potensi kecelakaan lebih banyak terjadi akibat jalanan licin atau juga faktor lainnya. Tapi yang sering kali jadi penyebabnya adalah ban yang digunakan tidak tepat sehingga terjadi gejala tergenlincir akibat kurangnya daya cengkram ban saat kondisi basah.

Ban sepeda motor tentunya menjadi salah satu bagian dari sepeda motor yang paling penting, apalagi karena ban merupakan komponen sepeda motor yang bersentuhan langsung dengan aspal sehingga faktor keamanan dan kenyamanan harus selalu diperhitungkan.

Untuk itu berikut ini beberapa tips memilih ban yang tepat saat digunakan berkendara di musim hujan.

1.Pilih ban yang tepat

Ada tiga jenis ban yang digunakan pada sepeda motor, diantaranya ban dry untuk cuaca kering, ban wet ketika lintasan basah dan ban wet dry yang bisa digunakan baik saat hujan maupun kering.  

Sedangkan pada umumnya, ban yang digunakan pada sepeda motor yang digunakan untuk berkendara sehari-hari adalah ban standar pabrik yang bisa digunakan normal saat lintasan kering tapi juga dirancang bisa lebih aman ketika melintasi jalanan basah.

Sehingga biar lebih aman, gunakan selalu ban standar pabrikan yang tentunya sudah dilakukan beragam pengujian sehingga terjamin lebih aman digunakan.

2. Perhatikan kembang dan alur ban

Ban standar pabrik juga memiliki patern atau kembang dengan alur yang tepat, dengan kombinasi alur menyamping agar memiliki grip yang lebih baik dan khusus untuk ban depan biasanya memiliki alur garis lurus vertikal yang berguna untuk memecah air yang berada diatas aspal sehingga membuat ban memiliki daya cengkram yang lebih maksimal.

3. Hindari gunakan ban gundul

Untuk itu hindari ban yang sudah aus atau gundul yang berpotensi membuat ban kehilangan grip atau daya cengram yang tentunya menjadi penyebab gejala ban licin berakibat pada gejala sepeda motor tergelincir atau kecelakaan lainnya.

4. Perhatikan tekanan ban

Ban yang digunakan saat musim hujan harus dalam kondisi tekanan angin yang tepat, karena jika terlalu tinggi maka ban akan kehilangan daya cengkram, sedangkan jika terlalu rendah atau kempes justru akan merusak kondisi fisik ban itu sendiri, seperti retak atau sobek, apalagi ketika terkena benturan atau lubang, gejala kerusakan akan merembet ke bagian komponen lainnya seperti velg dan shock breaker.

Selain memilih ban yang tepat, yang harus diperhatikan adalah prilaku berkendara yang aman dimana selalu menjaga kecepatan dan berhati-hati ketika berkendara saat hujan. Disarankan untuk menepi dan berteduh sejenak di tempat yang aman sambil menunggu hujan reda apalabila kondisi hujan sangat deras dan kondisi jalan yang tergenang banjir atau kendala lainnya.

Selalu gunakan perangkat keselamatan seperti helm, sarung tangan, sepatu jaket dan jas hujan ketika berkendara saat hujan agar aman dan selamat sampai tujuan.