Seiring dengan banyaknya pengguna sepeda motor baru, maka semakin banyak juga kebutuhan akan sparepart atau komponen suku cadangnya. Ada kekhawatiran bagi konsumen tatkala saat ini banyak beredar sparepart palsu yang dibuat mirip dengan yang asli.

Menggunakan sparepart palsu tentunya merupakan sebuah kerugian. Selain karena produknya tidak presisi dan tidak pas, tidak awet dan cepat rusak dalam masa pakai pendek dan sparepart palsu juga berpotensi merusak komponen lainnya, bahkan tak menutup kemungkinan menjadi salah satu penyebab kecelakaan karena memiliki kualitas yang dibawah standar sehingga tidak aman.

Lantas apa yang harus dilakukan ketika hendak membeli spareparts untuk sepeda motor kesayangan?

Bagi pengguna sepeda motor Honda berikut ini ada beberapa tips membeli sparepart asli yang dijamin ori dan terhindar dari penipuan ketika mendapatkan sparepart palsu atau abal-abal. Diantaranya.

Kunjungi dealer atau bengkel AHASS terdekat

Saat ini terdapat ribuan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) yang merupakan bengkel resmi Honda yang tersebar di seluruh Indonesia, dan ratusan diantaranya ada di wilayah Jawa Barat. Bengkel resmi AHASS memberikan layanan bukan hanya terkait penjualan unit sepeda motor dan service tapi juga memberikan pelayanan untuk kebutuhan suku cadang bagi konsumen.

Konsumen bisa mengunjungi dealer atau bengkel AHASS terdekat dengan melakukan pemesanan dan pembeleian sparepart atau suku cadang yang dibutuhkan. Bahkan untuk memberikan kemudahan, konsumen juga sekaligus melakukan perbaikan dan service serta pemasangan sparepart baru di bengkel yang dilakukan oleh mekanik berpengalaman dan tersertifikasi berikut tools sesuai standarisasi prinsipal PT Astra Honda Motor (AHM).

Hubungi Honda CARE

Saat ini PT. Daya Adicipta Motora selaku Main Dealer motor Honda untuk area Jawa Barat memiliki fasilitas layanan Customer Assistance Road Emergency (Honda CARE) yang siap membantu konsumen sepeda motor Honda yang memiliki kendala pada sepeda motor Honda, misal itu mogok, ban kempes, atau kendala lainnya.

Konsumen bisa menghubungi nomor kontak Honda Care di nomor telepon 1 500 989 atau (022) 605 1000. Pelayanan Honda CARE beroperasi mulai mulai dari Pukul 08:00 WIB sampai 16:00 WIB. Layanan ini juga didukung oleh mekanik yang handal dan berpengalaman. Layanan ini melayani radius wilayah hingga 3-4 km dari posisi AHASS terdekat yang memiliki armada Honda CARE.

Gunakan aplikasi Daya Auto

Satu lagi adalah cara mudah untuk mendapatkan sparepart asli untuk sepeda motor Honda adalah dengan menggunakan sebuah aplikasi yang bernama Daya Auto.

Cara pembeliannya pun cukup mudah, pertama download aplikasi di Appstore atau Google store, kemudian log in dengan menggunakan identitas dan nomor kendaraan. Setelah masuk kemudian buka katalog produk di aplikasi Daya Auto, ada katalog motor, oli, apparel, aksesoris dan sparepart yang kemudian pilih apa yang dibutuhkan.

Nah di masing-masing katalognya, Bisa filter berdasarkan tipe dan tahun motor yang Brosis miliki. Proses pemesanannya juga gampang, berikut caranya.

  1. Pesan Barang di Katalog.

Brosis bisa pilih produknya dan klik “Saya Tertarik”. Produk yang sudah di-klik akan masuk ke Keranjang. Pilih yang sudah dipesan dan klik “Lanjut”. Periksa terlebih dahulu data diri dan pilih wilayah dan kota. Jangan lupa aktifkan saya setuju menerima notifikasi melalui email.

  1. Akan dihubungi oleh CS Daya Auto maks 1 hari kerja untuk diverifikasi.

Di proses ini, CS Daya Auto akan menghubungi nomor Brosis di hari kerja yaitu senin sampai jumat (tanggal merah libur). Pastikan nomor telepon Brosis aktif agar pesanan bisa dilanjutkan.

  1. Pesanan akan diteruskan ke Jaringan

Tahap selanjutnya, jaringan kemudian akan menghubungi terkait dengan pesanan Brosis. Ada beberapa opsi yang bisa dipilih, Brosis bisa memilih apakah barang nya mau diambil ditempat atau dikirim ke rumah. Tapi jika Brosis memilih untuk dikirim, harga belum termasuk ongkos kirim..

Selanjutnya barang yang dipesan akan dikirim dan segera diterima.

Hubungi DARA

DAM juga memberikan pelayanan untuk memberikan kemudahan konsumen dengan berinteraksi langsung via Whatsapp dengan nomor telepon 0811-2291-723 melalui Virtual Sales Assistant bernama DARA yang merupakan chatbot yang siap membantu melayani kebutuhan konsumen Honda secara kapan saja dan dimana saja.