Mengisi bensin menjadi rutinitas pengguna sepeda motor, tapi beberapa pengendara ada yang meyakini jika mengisi bensin di malam atau pagi hari lebih baik daripada mengisinya di siang hari, apakah benar demikian, Atau hanya sebatas mitos belaka?

Alasan mengapa pengendara sepeda motor mengisi bensin di malam atau pagi hari adalah karena mereka meyakini bensin yang tersimpan di tangki besar Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SBPBU) di malam hari tidak mengalami penguapan akibat terik dan panas seperti saat di siang hari.

Dan anggapan tersebut hanyalah sebuah mitos yang diyakini oleh sebagian masyarakat, karena ternyata melakukan pengisian bensin di siang atau di malam hari sebenarnya sama saja, tidak ada perubahan baik itu dari segi volume ataupun kualitas bensin. Karena takaran bensin yang diterima konsumen tentunya akan disesuaikan melalui perangkat dispenser yang disediakan oleh pihak SPBU.

Sedangkan waktu yang tepat untuk mengisi bensin adalah ketika fuel meter atau meteran belum menunjuk pada posisi huruf "E" yang berarti Emergency. Tentunya untuk mengindari potensi kehabisan bensin saat berkendara, terutama saat melakukan perjalanan jauh yang jarang adanya fasilitas SPBU.

Adapun mengisi bensin di pagi atau malam hari juga boleh dilakukan karena alasan untuk menghindari kemacetan atau kepadatan antrian dibanding saat siang hari dimana menjadi jadwal aktivitas yang sibuk bagi kebanyakan masyarakat.

Yang harus diperhatikan adalah selalu matikan mesin kendaraan sebelum mengisi bensin, jangan lupa untuk turun dari kendaraan dan juga turunkan standar samping untuk waspada juga sebagai tindakan antisipasi jika hal buruk seperti kebakaran saat mengisi bensin. Dan selalu gunakan perangkat keselamatan berkendara seperti helm, jaket, sepatu dan sarung tangan untuk selalu #Cari-aman saat berkendara.