Bukan hanya untuk meningkatkan kecepatan atau sebatas menjadikan tampilan sepeda motor menjadi lebih menarik dengan mengikuti trend juga selera pemiliknya, Beberapa bikers melakukan modifikasi adalah karena bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara.

Jika modifikasi yang berorientasi pada kecepatan biasanya melakukan modifikasi pada bagian mesin, dan untuk meningkatkan tampilan dengan menggunakan aksesoris, sedangkan untuk meningkatkan sisi kenyamanan, biasanya para pengendara melakukan langkah modifikasi sebagai berikut.

1. Modifikasi Shockbreaker

Langkah ini dilakukan oleh pengendara yang berada di daerah dengan kontur jalan yang terjal dan juga banyak jalanan non aspal, sehingga mereka membutuhkan shockbreaker yang lebih empuk.

Shockbreaker yang empuk dipilih karena lebih efektif ketika digunakan melewati jalanan rusak, sepeda motor akan lebih nyaman dan pengendara akan lebih berkonsterasi pada pengendalian sepeda motor dan tidak terganggu dengan shockbreaker yang keras.

Sebaliknya, ada juga pengendara yang memilih untuk menggunakan shockbreaker yang lebih stif karena kebutuhan akan shockbreaker yang lebih tangguh dan kuat terutama saat digunakan berboncengan atau untuk membawa barang bawaan. Shockbreaker yang lebih stif juga dibutuhkan pengendara atau berkendara di jalur yang penuh dengan tikungan dan tanjakan atau turunan dengan jalan beraspal dan rata agar lebih stabil dan nyaman.

2. Modifikasi kursi jok

Beragam macam cara dilakukan agar membuat sepeda motor menjadi lebih nyaman dikendarai. Ada yang mengganti busa jok dengan karet atau latex sehingga menjadi lebih tebal dan lebih nyaman. Langkah ini dilakukan terutama untuk pengendara yang memiliki tinggi dan berat badan yang diatas rata-rata.

Ada juga yang sebatas mengganti kulit jok agar menemukan kontur atau permukaan kulit jok yang lebih kesat agar tidak licin saat digunakan berkendara.

3. Modifikasi ban

Beragam macam kondisi jalanan di Indonesia tentunya membuat pengendara memiliki beragam kebutuhan akan ban. Salah satunya modifikasi menggunakan ban model dual purpose seperti ban dengan model kembang block tire dipilih agar membuat sepeda motor bisa lebih aman dan nyaman melewati jalanan rusak atau non aspal.

Ada juga yang memiliki modifikasi menggunakan dengan ban yang lebih empuk seperti ban dengan compound soft juga banyak dipilih untuk meningkatkan kenyamanan.

4. Modifikasi setang kemudi

Posisi berkendara yang nyaman terutama bagi pengendara yang melakukan perjalanan jarak jauh adalah memiliki setang kemudi yang ergonomis, sehingga tidak pegal dan nyaman ketika digunakan berkendara dalam durasi perjalanan yang lama.

Salah satu modifikasi yang dilakukan agar mendapatkan riding position yang nyaman adalah dengan melakukan modifikasi di bagian setang kemudi, menjadi lebih tinggi atau lebar tentunya menyesuaikan dengan tinggi dan posisi riding penggunannya.

Dan yang terpenting selama melakukan modifikasi tersebut adalah dengan memperhitungkan jaminan kualitas dan keamanan saat digunakan berkendara. Hindari menggunakan sparepart palsu atau sparepart modifikasi dengan kualitas abal-abal.

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen untuk meningkatkan tampilan dan juga kenyamanan berkendara, Honda juga menyediakan suku cadang dan komponen untuk modifikasi berupa Honda Genuine Accessories yang bisa diperoleh di semua jaringan bengkel AHASS di seluruh wilayah Jawa Barat.

Untuk memberikan kemudahan konsumen dapat berinteraksi langsung via Whatsapp dengan nomor telepon 0811-2291-723 melalui Virtual Sales Assistant bernama DARA yang merupakan chatbot yang siap membantu melayani kebutuhan konsumen Honda secara kapan saja dan dimana saja.

Selain itu, seluruh konsumen pengguna sepeda motor Honda di wilayah Jawa Barat juga dapat memanfaatkan aplikasi Daya Auto untuk mendapatkan kemudahan konsumen dalam melakukan booking servis tanpa antri melalui fitur booking service. Aplikasi Daya Auto dapat di download melalui Google Play Store dan iOS dengan menawarkan beragam fitur-fitur, diantaranya adalah kemudahan booking service, online katalog motor dan suku cadang sepeda motor Honda, KPB digital, dan nikmati keseruan games dan hadiah menarik yang bisa ditukarkan dengan menggunakan poin Hepigo.