Behel atau rear grip memiliki peranan penting sebagai komponen pada sepeda motor, Behel memiliki fungsi sebagai pegangan yang digunakan oleh pemilik sepeda motor ketika akan menggeser atau mendorong sepeda motor ketika parkir juga sebagai pegangan saat akan mengangkat standar tengah menjadi lebih mudah dan praktis. Fungsi lainnya adalah untuk mengikat barang bawaan, seperti untuk keperluan touring atau perjalanan jarak jauh.

Komponen tersebut juga sebagai pendukung estetika desain pada sepeda motor. Untuk itu behel memiliki beragam jenis dan model yang bervariatif menyesuaikan dengan konsep masing-masing desain sepeda motor. diantaranya.

1. Behel pada motor sport

Pada umumnya, hanya untuk model motor sport jenis naked dan adventure saja yang menggunakan behel. Tentunya untuk mendukung aktivitas berkendara jarak jauh seperti touring atau bepergian keluar kota yang biasanya membawa serta barang bawaan.

Untuk beberapa model bahkan behel memiliki fungsi lain sebagai bracket atau titik-titik lubang baut untuk menggunakan aksesoris perangkat modifikasi, seperti rear carrier atau side boxs, dll. Di beberapa model, behel memiliki hook atau batang kecil pengait untuk memudahkan ketika digunakan sebagai pengikat tali.

Tapi ada jenis motor sport yang tidak menggunakan behel, seperti jenis motor sport fairing. Itu karena sepeda motor jenis tersebut tidak terlalu membutuhkan komponen tersebut karena motor sport jenis sport fairing lebih mengutamakan karakter racy ketimbang fungsi daripada behel.

2. Behel pada motor bebek dan skutik

Berbeda dengan jenis motor sport, hampir semua sepeda motor jenis bebek dan skuter matic (Skutik) memiliki behel. Namun memiliki beragam jenis dan model, diantaranya.

  • Behel terpisah

Behel yang bentuknya terpisah bisa ditemui pada model New Honda ADV160, New Honda Forza 250 atau pada produk lawas seperti Honda CS1. Dimana terdiri dari dua bagian diantaranya behel sebelah kiri dan kanan. Bentuknya terbilang simple dan compact, sehingga terlihat gagah namun tetap nyaman ketika digenggam atau ketika digunakan.

  • Behel yang menyatu

Behel jenis ini sangat umum digunakan pada semua model, baik jenis motor bebek maupun skutik. Dimana bagian behel kanan dan kiri menyatu dengan bagian belakang yang melingkar atau membentuk mengikuti bentuk desain bodi dan lampu belakang.

Behel jenis ini lebih fungsional dan lebih nyaman. Sehingga bukan hanya bisa digunakan untuk menggenggam ketika menggeser sepeda motor, tapi juga bisa lebih nyaman ketika mendorong atau menarik sepeda motor.

  • Behel tersembunyi

Sebuah inovasi dari Honda yang bisa ditemui pada model New Honda PCX160 dan juga sepeda motor listrik model Honda EM1 e: dimana bentuk behelnya tidak seperti pada umumnya, karena memiliki bentuk behel yang lebih modern dan futuristik.

Bentuk behel motor tersebut menyatu dengan bodi belakang sepeda motor, sehingga pada tampilan visual sepeda motor jenis ini terlihat seakan tanpa memiliki behel, itu karena bentuknya yang terkamuflase atau tersembunyi .

Semua jenis behel pada sepeda motor pada umumnya menggunakan material logam yang memiliki kualitas yang teruji dan terstandar, sehingga lebih kuat, lebih aman dan juga lebih aman dan nyaman ketika digunakan.

Namun harus diperhatikan, behel atau pegangan belakang sepeda motor dilarang dipegang oleh penumpang ketika melakukan aktivitas berboncengan, alasannya karena bisa berpotensi memberikan beban lebih pada bagian belakang sepeda motor sehingga akan kesulitan saat bermanuver.

Memegang behel saat berkendara juga bisa berbahaya karena ketika berakselerasi, penumpang dibelakang akan kehilangan keseimbangan sehingga berpotensi terpental kebelakang. Untuk itu saat di bonceng, penumpang disarankan untuk memegang jaket atau pinggang pengemudi yang berada di depan.