Saat berkendara menggunakan sepeda motor kita diharuskan menggunakan perlengkapan keselamatan berupa riding gear sebagai body protector seperti helm, jaket, sepatu dan juga gloves atau sarung tangan. Namun untuk mendapat perlindungan ekstra, beberapa perangkat body protector tambahan juga sebaiknya tak lupa untuk dikenakan.

Salah satu body protector tambahan yang sangat umum digunakan adalah knee protector. Disebut juga sebagai deker, perangkat body protector ini berupa bantalan yang berfungsi sebagai pelindung area lutut untuk meminimalisir potensi cedera akibat benturan atau kecelakaan.

Karena memiliki peranan penting sebagai pelindung tubuh, Knee protector harus memiliki material yang kuat, tahan gesekan dan benturan, namun karena diletakan di area lutut yang diharuskan memiliki ruang gerak bebas, untuk itu perangkat ini harus memiliki tingkat fleksibilitas yang baik.

Khusus untuk para bikers, knee protector memiliki beragam jenis dan model yang dirancang sebagai perangkat keselamatan saat berkendara, diantaranya.

Yang pertama adalah Knee Protector Deker Bikers, Deker ini dirancang khusus untuk berbagai aktivitas seperti touring, city riding atau berbagai aktivitas bikers lainnya. Memiliki dua perlindungan diantaranya untuk melindungi bagian lutut dan juga tulang kering, karena terdapat bantalan yang biasanya terbuat dari material metal atau juga plastik sebagai sliding pad.

Biasanya terdapat 3 tali pengikat yang melingkar ke bagian betis dan paha yang direkatkan menggunakan velcrow sehingga lebih mudah dan praktis ketika dilepas pasang. Untuk mencapai ruang gerak bebas yang baik, digunakan material karet atau kain tebal agar lebih elastis ketika bagian kaki tertekuk saat berkendara.

Ada juga deker yang bentuknya mirip seperti kaus kaki dimana perangkat ini tidak memiliki tali pengikat melainkan langsung dimasukan melalui lubang bagian atas, dan memiliki bantalan untuk pelindung lutut dan tulang kering. Bentuknya sangat sederhana dan lebih praktis, namun knee protector jenis ini posisinya tidak stabil dan rawan bergeser karena tidak terdapat tali, hanya sebatas karet sebagai pengencang.

Dan satu lagi knee protector yang biasa digunakan adalah deker yang dirancang menyatu dengan celana panjang. Deker ini terlihat compact, modis dan praktis, karena bentuknya berupa bantalan yang dimasukan ke dalam saku khusus pada bagian lutut celana panjang.

Keunggulannya, bantalan pelindung pada bagian lutut bisa dilepas pasang sehingga ketika tidak digunakan berkendara, celana panjang bisa digunakan dalam aktivitas seperti biasanya.

Selain deker lutut, peralatan keselamatan berkendara berupa bodi protector juga ada yang untuk pelindung siku atau elbow protector dan juga pelindung dada. Semua perangkat body protector tersebut bisa melindungi semua bagian tubuh serta meminimalisir terjadinya cedera akibat benturan saat berkendara, untuk itu selalu gunakan perangkat tersebut agar #Cari_aman sehingga selalu aman dan selamat selama di perjalanan.