Terdapat 2 posisi atau letak suspensi atau shock breaker pada sepeda motor, suspensi depan dan belakang. Keduanya memiliki fungsi untuk meredam getaran dan hentakan menggunakan material elastis untuk menahan tekanan dari permukaan jalan.

Ada beberapa tipe atau jenis suspensi depan sepeda motor yang memiliki nama-nama yang berbeda. Ada yang namanya Inverted Fork ada juga Teleskopik Fork, dan yang lainnya.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis-jenis suspensi depan sepeda motor, tapi kali ini Brosis akan ketahui 5 diantaranya yang sangat umum digunakan pada sepeda motor termasuk pada produk sepeda motor Honda terbaru. Berikut diantaranya.

1. Teleskopic Fork

Ciri-cirinya memilki 2 batang di kanan kiri roda depan yang diapit dibagian atas dan tabung suspensi yang berisi beberapa komponen seperti per, fluida dan lainnya berada dibagian bawah yang terhubung langsung dengan poros roda.

Suspensi jenis ini relatif lebih murah karena komponennya lebih sederhana dan digunakan sehingga sangat umum digunakan oleh semua jenis sepeda motor, baik motor kecil berjenis skutik, bebek hingga sport.

2. Inverted Fork

Dari namanya sendiri memiliki arti terbalik dari jenis teleskopik biasa. Dimana tabung suspensi berada dibagian atas yang diapit dan terhubung dengan frame kemudian batang suspensinya yang memiliki diameter lebih kecil berada dibagian bawah.

Punya nama lain suspensi Up side down, model ini digunakan oleh motor-motor sport karena memiliki tingkat kestabilan dan pengereman yang lebih baik. Oh ya, motor balap Motogp juga menggunakan suspensi seperti ini.

Suspensi model Inverted Fork juga terbagi dalam beberapa tipe berdasarkan komponen yang berbeda-beda, seperti Suspensi Inverted fork jenis Cartridge dan yang saat ini banyak digunakan oleh motor sport Honda seperti Honda CBR series dan Honda CB series keluaran terbaru adalah tipe Sparated Function Fork-Big Piston atau SFF-BP.

3. Double Wishbone

Coba Brosis perhatikan model suspensi depan yang dimiliki oleh moge Cruiser mewah Honda GoldWing GL1800. Pasti akan terlihat berbeda dengan suspensi depan motor pada umumnya.

Itu karena Honda GoldWing menggunakan model suspensi depan Double Wishbone. Suspensi independent yang biasanya terdapat pada mobil mewah, kini diaplikasikan pada sepeda motor yang memang memiliki nuansa mewah dan ekslusif.

Suspensi jenis ini memiliki komponen yang lebih rumit. Tabung shock breakernya berada dibagian tengah tepat dibawah sasis, sedangkan garpu yang mengapit roda depan dikanan kiri bentuknya mirip seperti swing arm dengan posisi vertikal.

Memiliki kestabilan dalam bermanuver dan menahan goncangan yang lebih baik bahkan lebih minim getaran karena setang kemudi tidak terhubung langsung dengan suspensi melainkan terhubung melalui beberapa komponen lainnya. Sehingga wajar saja jika harga motor ini berada di angka Rp. 1 Milyar lebih.

4. Paralel Fork

Shock Breaker jenis ini biasanya terdapat pada motor lawas. Tapi beberapa jenis sepeda motor keluaran terbaru juga ada yang menggunakan suspensi jenis ini, terutama untuk model skuter classic dari merk Eropa.

Berbeda dengan model teleskopik yang memiki garpu yang mengapit roda depan, Model paralel fork cuma hanya ada satu batang suspensi dibagian samping roda depan saja yang berjajar menyamping. Sehingga dibagian sisi lainnya seperti tampak tidak terdapat shock breakernya.

5. Hub Steering

Shock breaker depan jenis ini sangat jarang digunakan. Modelnya mirip seperti swing arm belakang sepeda motor, tapi digunakan dibagian depan dengan komponen yang sangat rumit sehingga harga motor ini juga terbilang fantastis tan ekslusif tentunya.

Memiliki fungsi ganda dimana sebagai penopang bagian depan sepeda motor sekaligus sebagai steering. Jadi model seperti ini lebih mengunggulkan tampilan yang terlihat futuristik dibanding fungsi dan performanya.