Salah satu tindakan perawatan sepeda motor yang paling mudah adalah dengan cara mencuci secara rutin. Tentunya motor yang bersih akan terhindar dari gejala kerusakan yang timbul akibat kotoran yang menempel dan merusak komponen penting pada sepeda motor.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mencuci sepeda motor agar bersih maksimal, aman dan nyaman.  diantaranya menggunakan air air bersih yang mengalir, Akan lebih baik mencuci menggunakan semprotan air bertekanan terutama untuk mencuci bagian-bagian yang sulit seperti dibagian kolong spakbor, velg dan ban, atau bagian bawah mesin.

Lokasi atau tempat mencuci sepeda motor yang aman agar tidak mengganggu atau merusak kondisi sekitar dan gunakan standar tengah dan posisikan sepeda motor pada bagian yang rata, tidak miring dan hindari menempatkan sepeda motor di tempat yang tidak stabil yang berpotensi terjatuh.

Dan yang paling penting adalah mencuci sepeda motor harus memilih sabun yang tepat, dan sabun yang tepat tentunya memiliki ciri-ciri yang bisa dipilih dan perhatikan, diantaranya.

Pilih sabun khusus pencuci sepeda motor

Saat ini tentunya terdapat beberapa jenis sabun yang bisa digunakan untuk mencuci sepeda motor. Tapi sangat disarankan untuk menggunakan sampo atau cairan khusus untuk mencuci sepeda motor. Sabun ini biasanya dijual di toko kelontong, mini market dan terkadang dijual di bengkel yang menjual peralatan untuk perawatan sepeda motor.

Sebagai alternatif, bisa juga menggunakan sabun lainnya seperti contoh sabun pencuci piring atau sabun colek tapi untuk bagian sepeda motor selain yang menggunakan permukaan cat, seperti untuk memberihkan velg, ban dan juga kolong spakbor.

Memiliki PH seimbang

Alasan kenapa harus menggunakan sabun khusus sepeda motor karena harus memiliki formula khusus yang tak hanya bisa membersihkan, tapi juga aman terhadap komponen sepeda motor. Itu karena sabun khusus sepeda motor biasanya memiliki PH atau Power of Hydrogen yang memiliki derajat keasaman yang seimbang seperti PH7, Sehingga tidak terlalu asam atau basa yang bisa berpotensi merusak komponen dan cat sepeda motor.

Memiliki kandungan pengkilap

Sabun khusus sepeda motor juga memiliki beberapa formula khusus yang bisa membersihkan ditandai dengan busa yang melimpah, tapi juga memiliki kandungan polymer atau wax dan bahan lainnya untuk membuat cat sepeda motor menjadi lebih terlihat berkilap. Sehingga tidak perlu lagi menggunakan cairan pengkilap selepas mencuci sepeda motor.

Tidak meninggalkan residu

Namun yang terpenting, kandungan pada sabun khusus sepeda motor tidak meninggalkan residu atau bekas sabun yang menempel pada cat sepeda motor. Sehingga ketika melakukan pembilasan, cat sepeda motor langsung nampak kinclong dan tidak meninggalkan bekas apapun terutama pada permukaan cat.

Yang harus diperhatikan selanjutnya adalah cara mencuci sepeda motor dengan memulainya dari bawah seperti bagian velg, swing arm, mesin hingga ke kolong spatbor. Setelah bagian bawah dibersihkan, siram dengan air mengalir hingga kotoran yang menempel berjatuhan. Setelah selesai membersihkan bagian bawah, bersihkanlah bagian atas sepeda motor seperti bodi, lampu-lampu, setang dan spion. Ingat, jangan gunakan kain yang sama untuk memberihkan bagian bawah dan atas.

Selain itu, harus diperhatikan juga alat untuk mencuci sepeda motor, seperti busa atau kain harus dalam kondisi bersih. Karena alih-alih membersihkan, busa atau kain sepeda motor yang kotor atau terdapat pasir dan benda asing malah bisa menyebabkan kerusakan, terutama pada bagian cat bodi sepeda motor.

Dan langkah terakhir sebelum mesin motor dihidupkan untuk digunakan, pastikan semua bagian dikeringkan terlebih dahulu menggunakan lap dari kain bersih atau kanebo. Tentunya agar tidak meninggalkan air bekas cucian yang bisa menimbulkan bercak atau pada bagian kelistrikan yang bisa berpotensi menimbulkan kerusakan.

Selain mencuci, perawatan sepeda motor lainnya adalah dengan melakukan penggantian oli dan service secara rutin. Untuk itu kunjungi dealer AHASS untuk melakukan perawatan sepeda motor dengan hasil maksimal agar sepeda motor selalu dalam kondisi prima dan bisa digunakan sebagai teman berkendara setiap hari.