Salah satu faktor pendukung kenyamanan berkendara diantaranya adalah kursi jok pada sepeda motor yang dalam kondisi baik. Idealnya jok sepeda motor memiliki kekenyalan busa yang empuk, tidak terlalu tebal dan tidak tipis sehingga bisa meredam guncangan dan getaran, serta memiliki kontur yang sesuai dengan bagian tubuh dan juga posisi pengendara sehingga bisa lebih nyaman ketika duduk berkendara.

Seiring usia pakai yang lebih lama, Jok sepeda motor juga terkadang memiliki kendala yang membuat berkendara menjadi tidak lagi nyaman, dan jika dibiarkan maka akan mengganggu konsentrasi dan berpotensi menjadi salah satu penyebab kecelakaan. diantaranya.

1. Busa jok tipis

Penyebab yang sangat umum ketika jok sepeda motor mulai terasa keras adalah busa yang sudah mulai menipis. Hal tersebut disebabkan busa pada jok sepeda motor yang sudah getas akibat usia pakai sehingga membuat bagian busa menjadi tidak lagi kenyal. Dan jika dibiarkan untuk waktu lama, maka akan membuat busa jok menjadi lebih tipis dan tidak lagi empuk.

Solusinya, mengganti busa jok sepeda motor dengan yang baru tentunya akan mengatasi permasalahan tersebut. Dan untuk membuatnya lebih nyaman, pengendara bisa memesan busa jok yang sedikit lebih tebal, atau penggunaan material bahan yang lebih empuk seperti bahan karet atau latex yang akan membuat jok menjadi lebih kenyal dan sesuai dengan yang diinginkan.

2. Kulit jok sobek

Busa yang sudah tipis juga biasanya disebabkan kulit jok yang sudah rusak, sobek atau juga getar sehingga timbul retakan. Kondisi tersebut ditandai ketika digunakan saat hujan, atau habis di cuci maka akan timbul rembesan air pada kulit jok akibat air yang masuk ke dalam busa jok.

Selain menjadi tipis, maka busa jok yang kemasukan air juga akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada bagian celana pengendara yang basah terkena air ketika duduk diatas jok sepeda motor.

Kulit jok yang sobek bukan hanya faktor usia saja, tapi juga akibat sering terlalu lama dijemur dibawah terik matahari sehingga menyebabkan kulit jok menjadi getas sehingga menumbulkan retakan dan rusak jika dibiarkan terlalu lama.

Mengganti kulit jok dengan yang baru adalah langkah yang tepat. Bahkan pihak produsen menawarkan opsi kulit jok berupa aksesoris yang tak hanya memiliki bahan yang lebih baik, tapi juga menambah kesan sporti dan premium secara visual. Sangat cocok untuk pengguna sepeda motor yang suka modifikasi.

3. Shockbreaker yang keras

Jika dirasa busa dan kulit jok dalam keadaan baik, terkadang penyebab pengendara tidak nyaman dan terasa seperti jok yang keras bisa jadi diakibatkan kondisi shock breaker yang justru mengalami kerusakan. Bahkan, beberapa faktor lain seperti tekanan ban yang terlalu tinggi atau juga kerusakan pada bagian velg akan mempengaruhi tingkat kenyaman berkendara

Untuk itu, pengendara harus memeriksakan kondisi sepeda motor secara menyeluruh untuk mengetahui penyebab jok sepeda motor yang keras sehingga mengganggu kenyamanan saat berkendara. Jangan ragu untuk memercayakan pemeriksaan dan perawatan rutin sepeda motor kesayangan pada teknisi andal dan berpengalaman di bengkel AHASS terdekat. Supaya sepeda motor selalu terjaga dalam kondisi prima.

Jangan lupa untuk melakukan perawatan dan service secara berkala agar sepeda motor tetap dalam kondisi optimal. Gunakan layanan kunjung AHASS dan booking service untuk layanan bebas antri.