Shockbreaker memiliki peranan penting pada sepeda motor, tentunya berfungsi sebagai peredam guncangan dan getaran sesuai dengan kondisi jalan juga sebagai penopang bobot kendaraan dan penumpang. Shockbreaker juga menjadi sebagai bagian yang mendukung kenyamanan berkendara.

Pengendara cenderung menginginkan shockbreaker yang memiliki karakteristik soft atau empuk bahkan ada yang membutuhkan shock yang terlalu empuk. Tapi tentunya ada kelebihan dan kekurangan shockbreaker yang terlalu empuk, diantaranya.

Kelebihan shockbreaker empuk

Pengendara yang biasa melewati jalan rusak atau jalanan terjal seperti di daerah pegunungan tentunya yang membutuhkan shockbreaker yang empuk. Shockbreaker empuk lebih efektif untuk melipas jalanan dengan kontur seperti itu, sehingga posisi berkendara lebih terkonsentrasi pada kendali sepeda motor ketimbang terkendala dengan guncangan yang disebabkan jalanan yang tidak rata sehingga lebih focus dan stabil.

Untuk di daerah perkotaan, shockbreaker empuk juga akan membuat sepeda motor lebih nyaman ketika melewati jalanan yang dipenuhi dengan speed trap atau polisi tidur terutama di daerah pemukiman yang diharuskan untuk berkendara dengan kecepatan rendah.

Tak hanya itu, Shockbreaker empuk juga akan lebih nyaman ketika digunakan berkendara sendirian karena bobot kendaraan dan pengendara jadi lebih ideal.

Kekurangan shockbreaker empuk

Sepeda motor akan limbung dan tidak stabil ketika berkendara berboncengan atau membawa barang jika menggunakan Shockbreaker yang terlalu empuk. Spring rate atau ulir pada bagian shockbreaker akan bersentuhan sampai batas toleransi kerenggangan, sehingga akan terasa mentok ketika mendapat guncangan. Jika dipaksakan, berpotensi bagian bawah mesin terbentur ketika melewati lubang atau kendala lain seperti polisi tidur.

Dan bahkan ketika digunakan berkendara sendirian, shockbreaker yang terlalu empuk akan sangat tidak nyaman ketika melewati jalanan menikung, terutama saat kecepatan tinggi sehingga menyebabkan motor terasa goyang, limbung dan tidak stabil.

Sangat disarankan ketika menggunakan sepeda motor yang memiliki karakteristik shockbreaker yang empuk selalu jaga kecepatan dan kendalikan pengereman yang tepat terutama saat melewati jalanan menikung.

Memilih shockbreaker yang tepat harus sesuai dengan kebutuhan pengendara. Untuk berkendara di jalanan yang rusak dan tidak rata, shockbreaker yang empuk adalah pilihan yang cocok, tapi untuk di daerah perkotaan terutama bagi pengendara yang lebih dominan digunakan dengan kecepatan sedang atau tinggi sangat disarankan menggunakan shockbreaker dengan tingkat kekenyalan yang sedang atau medium, tidak terlalu empuk dan juga tidak stif atau keras sehingga akan lebih aman dan nyaman saat digunakan berkendara.

Selalu rawat dan periksa kondisi shockbreaker sebelum digunakan berkendara. Lakukan service dan perawatan shockbreaker di bengkel AHASS. Untuk layanan service bebas antri, konsumen bisa melakukan booking service secara online lewat aplikasi Daya Auto.