Sepeda motor yang nyaman membuat berkendara menjadi aman, pengendara menjadi bisa lebih berkonsentrasi pada jalan yang dilalui sehingga bisa selamat sampai tujuan. Tapi ada beberapa faktor yang membuat sepeda motor menjadi tidak nyaman, salah satunya adalah kursi atau jok yang terlalu licin.

Jok terutama dibagian kulitnya yang terlalu licin menyebabkan posisi pengemudi atau penumpang  menjadi slip dan terlalu sering bergeser dan sering berpindah posisi duduk ketika berkendara. Pengendara cenderung terlalu menahan posisi duduk yang tepat, sehingga tidak leluasa dan tidak nyaman.

Posisi tersebut menyebabkan konsentrasi pengendara yang harusnya fokus pada jalanan dan kondisi sekitar menjadi terpecah karena pengendara harus selalu mengatur posisi duduk yang terus berubah. Jika dibiarkan kondisi tersebut bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan, terutama saat melakukan hard braking atau pengereman mendadak.

Jok sepeda motor yang licin memiliki banyak faktor penyebabnya, diantaranya terlihat sepele dan bahkan menjadi faktor kebiasaan yang sangat umum di kalangan pengguna sepeda motor, berikut diantaranya.

1. Menggunakan pengkilap bodi motor

Mencuci dan membersihkan sepeda motor memang menjadi rutinitas, untuk melengkapinya pengguna sepeda motor biasanya menambahkan cairan untuk mengkilapkan bagian sepeda motor. Untuk bagian part bodi yang terbuat dari plastik atau logam tentunya akan meningkatkan tampilan sepeda motor menjadi tampak mengkilap seperti baru, tapi cairan tersebut sebaiknya jangan diberikan pada bagian jok sepeda motor.

Itu karena cairan pengkilap bodi sepeda motor mengandung minyak sehingga membuat permukaan kulit jok menjadi licin. Sayangnya tindakan tersebut menjadi kebiasaan yang sangat umum dikalangan pengguna sepeda motor, dan sebaiknya bisa dihindari. 

2. Kulit jok terkena cairan atau minyak

Selain pengkilap bodi sepeda motor, kulit jok akan menjadi licin jika terkena cairan atau minyak. Seperti terkena oli, minyak rem, minyak goreng dari makanan yang tumpah atau benda cair lainnya yang membuat permukaan kulit jok menjadi licin. Solusinya cukup bersihkan bagian kulit jok dengan sabun, agar kulit jok kembali bersih.

3. Meninggikan shockbreaker belakang

Di kalangan penghobi modifikasi, meninggikan bagian shockbreaker belakang memang menjadi trend dan terbilang murah karena tidak banyak menggunakan spare part aksesoris. Tampilan sepeda motor tampak menjadi lebih sporti seperti tampilan motor balap.

Tapi tindakan tersebut secara otomatis membuat permukaan jok menjadi tidak rata sesuai standar karena posisi jok yang menjadi miring, dimana bagian jok belakang lebih tinggi dan jok depan menjadi lebih rendah. Saat digunakan berkendara, penumpang dibelakang akan bergeser ke arah depan karena faktor gravitasi. Saat digunakan berkendara maka akan terasa tidak nyaman.

4. Menggunakan kulit jok yang tidak tepat

Tindakan modifikasi lainnya yang membuat jok jadi licin adalah bahan kulit jok yang tidak tepat, seperti terbuat dari bahan plastik tanpa tekstur, biasanya kulit jok model custom dengan modif warna-warni dan bergambar atau bisa juga karena bahan kulit jok yang berkualitas buruk yang menyebabkan tidak nyaman saat digunakan berkendara.

Untuk itu selalu gunakan kulit jok yang memang khusus dirancang untuk kursi jok sepeda motor, biasanya terbuat dari bahan calp spon, suede atau kulit sintetis yang dirancang khusus memiliki tekstur agar tidak terlalu licin dan nyaman saat digunakan.

5. Usia pakai

Jok yang licin juga bisa disebabkan karena usia pakai, dimana kulit jok tidak lagi memiliki tekstur dan menyebabkan slip. Selain itu, kulit jok yang melebihi usia pakai juga biasanya memiliki kerusakan lainnya seperti sobek, terkelupas yang jika terkena air hujan atau air ketika mencuci sepeda motor menyebabkan rembes ke bagian busa yang berada di bagian dalam jok sepeda motor.

Untuk itu selalu rawat dan jaga kebersihan kulit jok, disarankan untuk selalu gunakan kulit jok juga kursi jok asli yang sesuai standar bawaan sepeda motor, karena bagian tersebut menjadi salah satu faktor penting yang membuat sepeda motor selalu aman dan nyaman saat digunakan berkendara.