Rantai menggunakan bagian penting pada sepeda motor untuk menyalurkan tenaga dari mesin menuju roda belakang sehingga sepeda motor bisa bergerak dan bekerja optimal. Rantai hanya digunakan pada sepeda motor jenis sport atau bebek saja. Dan dibagian atas rantai terdapat sebuah komponen yaitu penutup rantai.

Komponen tersebut ternyata bukan hanya sekedar penutup bagian rantai saja tapi memiliki beragam fungsi, diantaranya.

Pertama beguna sebagai pelindung area kaki penumpang terutama yang duduk di kursi belakang, dimana di bagian pijakan kaki atau footstep letaknya dekat dengan rantai sepeda motor. Penutup rantai tersebut berguna juga untuk melindungi pakaian yang bisa berpotensi terlilit oleh putaran rantai.

Kemudian penutup rantai juga berfungsi untuk melindungi bagian sepeda motor dari cipratan pelumas rantai juga air, lumpur dan kotoran yang ikut terbawa oleh putaran rantai terutama saat berkendara di musim hujan. Penutup rantai juga bisa menghadang cipratan dari rantai yang mengarah pada shockbreaker, roda belakang dan juga kaliper rem model cakram.

Selain itu, penutup rantai juga bisa dimodifikasi menyesuaikan selera dan gaya berkendara masing-masing konsumen, karena saat ini cukup banyak penyedia spare part modifikasi untuk meningkatkan tampilan sepeda motor termasuk diantaranya untuk komponen pentutup rantai.

Seiring dengan perkembangan teknologi, komponen penutup rantai justru didesain lebih sederhana dibanding untuk model sepeda motor lawas. Jika pada sepeda motor keluaran lawas dibawah tahun 2000-an, penutup rantai menggunakan bahan metal dan menutup semua bagian rantai. Komponen rantai memang lebih terlindungi, tapi dalam segi perawatan lebih menguras waktu karena harus membongkar pasang dan sulit untuk memeriksa kondisi rantai, dan juga membuat bobot sepeda motor jadi lebih berat.

Walaupun lebih sederhana, penutup rantai yang terdapat pada sepeda motor keluaran terbaru memiliki fungsi yang sama. Tapi memberikan kelebihan dari segi bobot yang lebih ringan, tampilan visual yang lebih compact dan sporti terutama bagi pengendara yang suka dengan modifikasi.

Selain itu penutup rantai pada sepeda motor saat ini juga lebih mudah dalam perawatan baik pada komponen rantai maupun pada penutupnya. Jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan dan perawatan berkala sepeda motor di bengkel AHASS terdekat.