Antusiasme pemudik tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang sempat ada larangan. Tahun ini kembali normal seperti 3 tahun yang lalu. Dimana Honda juga kembali menggelar event tahunan Mudik dan Balik Bareng Honda juga Bale Santai Honda sebagai layanan bagi konsumen setianya.

Walaupun pemerintah menyarankan untuk melakukan mudik menggunakan transportasi umum, tapi tak sedikit yang menggunakan kendaraan pribadi termasuk sepeda motor untuk pulang ke kampung halaman.

Dan sekarang, para pemudik sudah kembali ke tempat domisili masing-masing untuk melakukan aktifitas biasanya. Tapi, sebelumnya harus diketahui jika kendaraan yang digunakan untuk mudik pastinya sudah melewati jarak tempuh yang cukup jauh daripada biasanya.

Untuk itu butuh perawatan dan perhatian supaya kondisi sepeda motor yang digunakan tetap terjaga dan dan selalu dalam kondisi prima. Dan berikut ini cara untuk merawat kendaraan sepeda motor yang sebelumnya sudah dipakai untuk mudik ke kampung halaman.

1. Cuci sampai bersih

Mudik ke kampung halaman pastinya melewati berbagai macam kondisi jalan. Maka yang harus dilakukan pertama kali adalah mencuci sepeda motor terlebih dahulu. Tujuannya supaya kotoran, lumpur atau benda lainnya yang terbawa sewaktu perjalanan.

Apalagi jika lokasi yang pernah dituju adalah di area pesisir pantai yang biasanya terdapat banyak kandungan air garam yang jika terkena bagian sepeda motor dapat berpotensi kerusakan termasuk korosi ke bagian material logam yang bisa menimbulkan karat. Jadi cuci sampai bersih menggunakan sabun adalah langkah yang tepat.

2. Cek kondisi oli

Jarak tempuh yang jauh apalagi yang mencapai ribuan kilometer maka diharuskan bagi pengendara untuk melakukan penggantian oli supaya menjaga kondisi mesin tetap prima. Kalaupun jika jaraknya cukup dekat, Brosis cukup mengeceknya dengan melihat kondisi oli, jika dirasa cukup aman, brosis cukup ganti oli ketika sudah waktunya saja.

3. Periksa komponen fast moving

Beberapa bagian komponen pada sepeda motor memiliki jangka waktu yang pendek untuk diharuskan segera diganti, seperti ban apalagi jika dipakai melewati jalanan rusak dan berbatu, jika kondisinya sudah gundul maka sudah waktunya diganti.

Komponen lainnya seperti kampas rem juga tidak boleh luput dari perhatian, terutama jika rute jalur mudik yang brosis lewati adalah jalanan yang banyak tanjakan dan turunan seperti ke area perbukitan. Komponen pengereman harus dicek, terlebih lagi jika kampas rem sudah aus, maka harus segera dilakukan penggantian.

Cek juga bagian lainnya, seperti suspensi depan dan belakang, filter udara kondisi lampu-lampu, aki atau baterai dan lainnya.

Untuk menambah rasa aman dan ingin menjaga kondisi motor lebih optimal serahkan pengecekan dan perawatan sepeda motor Honda Brosis ke bengkel-bengkel AHASS. Supaya pengecekan lebih menyeluruh dan bisa mendiagnosa kerusakan lainnya yang tidak tampak, apalagi pasca pulang mudik biasanya kerusakan juga tak hanya terdapat dibagian luas saja tapi ada juga di bagian dalam mesin atau di bagian dalam CVT untuk motor matic. Dan jika ada komponen yang harus diganti, maka di bengkel AHASS sudah tersedia komponen dan suku cadang yang terjamin keasliannya.