Kalibrasi kompetensi bagi Duta Safety Riding di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mitra Industri MM2100 Cikarang sukses digelar oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dan PT Daya Adicipta Motora (DAM) Main Dealer Sepeda Motor Honda di Jawa Barat, pada 9-11 November bertajuk Virtual Safety Riding Camp (VSRC) 2021.

Seluruh peserta mendapatkan materi kaidah Safety Riding yang aman dan nyaman, dikemas menarik agar mudah dipahami dan dipraktikkan dalam keseharian. Materi berupa cuplikan film pendek yang menggambarkan pesan aman dari kasus, praktik berkendara menggunakan Honda Riding Trainer (HRT), keterampilan berkendara untuk melatih respon dan keseimbangan melalui rintangan figur 8, hingga seminar terkait safety device pada sepeda motor.

Edukasi safety riding melalui Safety Riding Camp telah digulirkan sebanyak 4 kali sejak 2018, dan kini mengadopsi pendekatan hybrid, yakni secara virtual dan tatap muka dengan protokol kesehatan ketat yang disupervisi langsung oleh tim Safety Riding AHM.

VSRC 2021 ini tidak hanya sebagai ajang pengayaan dan belajar, tetapi juga menjadi ajang silaturahmi sekolah binaan yang tersebar di beberapa provinsi. Diskusi kasus dan pengalaman menjadi esensi untuk dapat terus mengasah kompetensi agar minat siswa mengikuti ekstrakurikuler ini semakin tinggi.

Peserta VSRC 2021 terdiri dari Guru Pembina, Duta, dan Siswa Imbas dari 4 Sekolah Binaan Safety Riding Lab. Selain SMK Mitra Industri MM2100 Cikarang, sekolah Safety Riding Lab yang turut berpatisipasi dalam kegiatan VSRC 2021 diantaranya SMK Teknik PABA Binjai, SMK Walisongo Menes, dan SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen.

SMK Mitra Industri MM2100 berhasil meraih Juara Pertama dan mendapatkan apresiasi khusus sebagai Tim Teraktif pada ajang Virtual Safety Riding Camp 2021. Pengumuman pemenang VSRC 2021 juga di informasikan secara resmi melalui akun @Sahabat1Hati pada hari Senin (15/11).  

General Manager Motorcycle Sales, Marketing, & Logistic DAM, Handi mengucapkan selamat kepada para duta safety riding SMK Mitra Industri MM2100 atas prestasi yang telah diraih pada ajang VSRC 2021. Kami harap para duta safety riding ini dapat memberikan semangat positif untuk seluruh kalangan masyarakat dalam keselamatan berkendara untuk selalu #Cari_Aman.

“VSRC 2021 bertujuan menghadirkan duta yang kompeten, peduli, kreatif dan aktif di lingkungan sekolah, didukung fasilitas edukasi keselamatan berkendara, dan diharapkan berimbas ke sekolah lain di daerah sekitarnya,” tutup Handi.