Akhir pekan ini merupakan event perdana balapan World Superbike (WSBK) 2024 yang akan digelar di sikuit Phillip Island Australia. Dan tim Honda Racing Corporation (HRC) yang merupakan tim balap pabrikan Honda kembali menerjunkan duet pebalap asal Spanyol, diantaranya Iker Lecuona dan Xavi Vierge yang siap geber motor andalan Honda CBR1000RR-R SP Fireblade versi terbaru di sepanjang musim balap 2024 ini.

Selama musim balap 2024 ini, logo “One Heart.” dan “Satu Hati.” akan kembali menghiasi racing suit maupun jersey pebalap dan sepeda motor balap bukan hanya di tim balap WSBK 2024 tapi juga di tim balap Repsol Honda Motogp dan juga MXGP. Tentunya ini sebagai upaya PT. Astra Honda Motor (AHM) Melalui kerjasama kuat dengan Honda Racing Corporation (HRC) untuk memberikan inspirasi bagi para pecinta balap Tanah Air untuk menggapai mimpi tertinggi di dunia balap.

Ini menjadi musim yang kedua kalinya bagi Iker Lecuona dan Xavi Vierge bergabung bersama tim HRC WSBK. Dimana sepanjang musim balap tahun kemarin, Xavi Vierge menorehkan prestasi yang membanggakan. Setelah mengamankan finis ketujuh pada balapan pertamanya di Aragón, Vierge terbukti menjadi finis sepuluh besar secara reguler pada balapan berikutnya.

Hasil terbaiknya musim ini adalah finis di posisi keempat dalam balapan Superpole di Misano, pembalap Spanyol itu mengakhiri tahun ini dengan menempati posisi kesepuluh secara keseluruhan. Setelah kampanye rookie yang kuat, Vierge akan mengincar podium pada tahun 2023.

Pada tahun 2023 Xavi meraih podium WorldSBK pertamanya di Mandalika dan secara konsisten berjuang di sepuluh besar, mengakhiri kampanye WorldSBK 2023 di posisi ke-10 secara keseluruhan. Mengikuti jejak rekan setimnya, ia mengikuti balapan bergengsi Suzuka 8 Hours edisi 2023, membalap untuk tim pabrikan Honda Team HRC bersama Japan Post bersama Takumi Takahashi dan Tetsuta Nagashima. Tim tersebut memenangkan perlombaan, mencetak kemenangan kedua berturut-turut untuk Honda, yang ke-29 secara keseluruhan.

Dan yang menarik, di musim balap WSBK 2024 ini tim HRC akan menurunkan Honda Fireblade 2024 menghadirkan sederet komponen yang diperbarui, mulai dari paket aerodinamis dan elektronik baru. Para insinyur Jepang telah bekerja tanpa kenal lelah dalam beberapa bulan terakhir untuk menyediakan serangkaian suku cadang baru kepada tim pabrikan Superbike yang akan memberikan manfaat di banyak bidang, tidak terkecuali akselerasi, deselerasi, dan pengereman.

Livery yang berdampak estetis menampilkan logo CBR dengan warna biru cerah, sementara pita biru mencolok menghiasi bagian perut. Untuk mencerminkan perubahan ini, kulit pengendara menggunakan pita biru serupa yang dipasang secara vertikal dari atas ke bawah.

Jadi buat Brosis yang mengidolakan kedua pebalap tim HRC ayo dukung dengan menyaksikan balapan seri perdana WSBK Phillip Islan di tanggal 24-25 Februari besok. Dan motor mereka mudah dikenali karena memiliki logo “One Heart.” dan “Satu Hati.” yang tentu saja bikin kita bangga.

Iker Lecuona