Ada dua jenis lampu yang digunakan pada sepeda motor, diantaranya lampu jenis bohlam dan satu lagi lampu jenis Light Emitting Diode (LED). Seiring perkembangan jaman, saat ini lampu LED lebih banyak digunakaan untuk sistem pencahaayaan di semua produk sepeda motor keluaran terbaru. 

Nyala lampu yang lebih terang dan berwana putih terkesan lebih clear dan juga tampak lebih modern ketimbang lampu jenis bohlam halogen biasa yang pada umumnya berwarna kuning. Bukan hanya digunakan pada lampu utama, lampu LED pada sepeda motor juga digunakan pada semua jenis lampu seperti lampu sein, lampu rem dan juga lampu Daytime Running Light (DRL). 

Berbeda dengan lampu jenis bohlam biasa yang menggunakan gas halogen, Lampu LED adalah jenis lampu yang terdiri dari susunan pancaran diode. Dibuat dari bahan semikonduktor dan masih sejenis dengan dioda yang digunakan pada komponen barang elektronik lainnya.

Karena memiliki banyak keunggulan, maka wajar saja jika semua model sepeda motor sudah menggunakan lampu jenis ini. Tapi tentunya dibalik kelebihannya, tentu akan ada kekurangannya. 

Kelebihan lampu LED

1.Hemat energi

Jika dibandingkan lampu bohlam biasa, lampu LED hanya membutuhkan energi listrik yang lebih sedikit. Sehingga lebih efisien dan tidak akan membuat aki atau baterai pada sepeda motor menjadi lebih awet.

2. Lebih awet

Penggunaan lampu LED memiliki usia pakai yang lebih lama, sehinga jika dibandingkan lampu jenis bohlam yang sering putus, maka lampu LED bisa dibilang sangat jarang mengalami masalah.

3. Lebih terang dan stabil

Setiap pabrikan tentunya sudah merancang bagaimana lampu LED dengan sinarnya yang berwarna putih bisa lebih efektif untuk memberikan penerangan saat digunakan berkendara. Nyala lampu LED juga bisa lebih fokus pada obyek yang disorot dan juga tahan terhadap guncangan.

Itu karena penggunaan daya listrik yang digunakan untuk lampu LED lebih stabil, sehingga ketika digunakan pada kondisi jalanan yang tidak rata, maka nyala lampu akan tetap fokus dan stabil tanpa kendala.

4. Desain lebih compact

Dari segi penampilan juga membuat desain sepeda motor menjadi lebih compact karena lampu LED tidak membutuhkan banyak ruang reflektor sehingga bentuknya bisa dibuat lebih sederhana sesuai karakter dari model sepeda motor yang mengusung desain trend masa kini.

Hal tersebut bisa kita temui pada desain lampu sein, dimana lampu sein yang sudah menggunakan lampu LED akan memiliki desain yang lebih kecil dibandingkan lampu sein yang masih menggunakan bohlam biasa.

Kekurangan lampu LED

Sedangkan untuk kekurangannya, lampu LED bisa dibilang sangat minim. Untuk lampu LED pada sepeda motor biasanya akan terkendala terutama saat menerjang kabut, terutama di daerah pegunungan. Sehingga biasanya pengguna sepeda motor selalu melakukan modifikasi dengan menambahkan beberapa aksesoris seperti Fog Lamp untuk membantu menerangi jalan saat kondisi berkabut.

Kekurangan lainnya karena lampu LED lebih fokus dan lebih terang, maka akan menyebabkan silau terhadap pengendara lain. Tapi tentunya masalah tersebut bisa diatasi, dengan mengatur arah sorot lampu reflektor agar tidak mengarah ke mata pengendara lain, melainkan fokus pada jalanan.

Dan walaupun minim perawatan, pengguna sepeda motor yang menggunakan lampu LED tentunya harus memperhatikan kondisi baterai dan juga kelistrikan pada sepeda motor. Dan hindari penggunaan lampu LED yang tidak sesuai standar dan juga hindari aksesoris yang menggunakan daya listrik berlebih pada sepeda motor agar kondisi semua komponen elektrik sepeda motor termasuk lampu LED selalu awet dan tahan lama.