BANDUNG – PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku Main Dealer Sepeda Motor dan Suku Cadang Honda di Jawa Barat mengadakan seminar online atau lebih dikenal dengan Webinar untuk siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jawa Barat. Webinar yang dilakukan oleh para Instruktur Safety Riding DAM ini sudah dilakukan sejak bulan Juli 2020.

Pada bulan Agustus, DAM memberikan pelatihan kepada 5 SMK binaan Safety Riding di Jawa Barat, diantaranya SMK Pasundan 2 Bandung (11-12/8), SMK Bina Sarana Cendekia Bandung (13/8), SMK Prakarya Internasional Bandung (14/8), SMK Negeri 1 Karawang (24/8), dan SMK Tri Mitra Karawang (26/8). Setiap penyelenggaraan webinar berdurasi selama 90 menit dan dipimpin langsung oleh 1 orang instruktur safety riding.    

General Manager Motorcycle Sales, Marketing, & Logistic DAM, Lerri Gunawan mengatakan, “Webinar ini merupakan salah satu cara baru bagi kami di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) untuk tetap dapat bisa mengkampanyaken keselamatan berkendara #Cari_Aman kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya generasi muda. DAM ingin memperkaya para generasi muda khususnya di Jawa Barat dengan ilmu keselamatan berkendara di jalan raya yang baik dan benar.”

“Harapannya sehingga kegiatan ini dapat memberikan kesadaran bagi seluruh pengguna jalan khususnya pengguna sepeda motor agar tetap bisa aman dalam berkendara sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas,” ujar Lerri.

Setiap webinar yang dilakukan kepada sekolah-sekolah menggunakan metode baru dimana diawali dengan menjelaskan hal-hal mengenai keselamatan berkendara di jalan raya. Setiap kali adanya kegiatan Webinar, selalu di lakukan test sebelum dan sesudah webinar. Hal tersebut dilakukan untuk menjadi ukuran evaluasi bagi tim Safety Riding.

Sementara untuk praktek penggunaan sepeda motor yang tidak bisa dilaksanakan untuk sementara waktu, digantikan menjadi video virtual secara detail mengenai teknik pengoperasian mulai dari teknik pengereman, menikung dan keseimbangan. Di akhir acara, setiap kegiatan webinar tim Safety Riding DAM selalu membagikan hadiah kepada peserta yang mendapatkan nilai post test terbaik.

Walaupun pelatihan tidak dilakukan secara langsung, namun yang diharapkan kepada seluruh siswa-siswi SMK ini adalah tetap selalu menjaga keselamatan berkendara dan selalu menyebarkan informasi mengenai keselamatan berkendara, serta selalu #Cari_Aman ketika berkendara.