Sepeda motor keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan fitur power charger. Sangat berguna buat pengendara dengan aktifitas sehari-hari yang tidak bisa lepas dari handphone, tatkala kehabisan daya maka fitur ini bisa mengisi ulang baterai sehingga lebih praktis.

Ada 2 jenis model power charger yang diterapkan sebagai fitur sepeda motor di Indonesia, yang pertama model charger tipe power lighter yang memang sangat umum digunakan di semua jenis sepeda motor termasuk untuk model sepeda motor Honda keluaran lama. Tapi untuk model ini konsumen harus membeli adapter tambahan atau converter untuk bisa menggunakannya.

Dan yang kedua adalah power charger model socket USB, sehingga lebih praktis. Konsumen hanya cukup dengan memasukan kabel USB Charger gadget atau smartphone seperti biasanya dan tidak perlu membeli adapter atau konverter tambahan,

Socket USB yang digunakan adalah USB Type-A yang sangat umum digunakan di Indonesia, kelebihan lainnya USB Charrger di produk sepeda motor Honda memiliki dua lapisan perlindungan. Lapisan pertama yaitu lapisan karet berfungsi untuk menutupi tegangan arus listrik di dalam dan yang kedua penutup pada lapisan luar yang menyatu dengan bodi motor sekaligus membuat keberadaan fitur ini tidak mengganggu penampilan motor. Bagian bawah penutup juga dilengkapi jalur pembuangan air sehingga tidak akan ada air yang menggenang.

Dan inilah yang diterapkan di produk sepeda motor Honda terbaru, terutama di kelas premium seperti Honda Forza 250, Honda PCX160, Honda ADV160, Vario 160 dan Vario 125 juga produk skutk 110cc seperti Honda Scoopy, Genio dan juga skutik terlaris Honda BeAT.

Selain handphone yang memang sering digunakan oleh pengendara, Fitur power charger di sepeda motor juga bisa digunakan oleh  perangkat elektronik lainnya untuk mendukung gaya hidup pengendara terutama para generasi muda kekinian yang tak lepas dari mobilitas gadget.

"Bukan hanya handphone atau smartphone saja, perangkat lainnya seperti seperti Headset Bluetooth, Action Cam, Pompa Portable juga bisa menggunakan fitur ini(power charger sepeda motor). Karena Sistem charger yang diterapkan pada sepeda motor Honda sudah didesain dan menerapkan teknologi canggih sehingga sistem charger tersebut aman digunakan, termasuk digunakan untuk mengecas Power Bank" ungkap Ade Rohman selaku Technical Service Sub Dept. Head PT Daya Adicipta Motora.

Tapi tentunya penggunaan power charger juga harus diperhatikan terlebih dahulu spesifikasi dan daya input charger perangkat elektronik yang akan diisi ulang.

"Semua perangkat elektronik yang spesifikasi daya input chargernya sesuai seperti contoh daya input yang dibutuhkan 5 Volt, 2,1 ampere tentunya aman dan harus diperhatikan juga perangkat yang di charge dalam kondisi baik" jelasnya.

Ade pun menambahkan, Demi keamanan dalam menggunakan fitur ini, tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya :

1. Saat menge-charge menggunakan fitur ini, Mesin harus dalam kondisi dihidupkan supaya baterai di motor tidak cepat rusak

2. Untuk beberapa type sepeda motor yang penyimpanan socket chargernya berada didalam bagasi motor, sebaiknya selama pengecasan, kondisi handphone dalam kondisi mati (OFF)

3. Hindari menggunakan charger ini jika kondisi batterai di motor sudah rusak / soak

4. Jangan tinggalkan kendaraan dalam kondisi mesin hidup dan sedang melakukan pengecasan Handphone