PT DAM Mendukung Dunia Pendidikan dengan KTSM

2015-02-11

Disela-sela perjalanan bertajuk eskplorasi keindahan Jawa Barat, PT Daya Adicipta Mustika (DAM) sebagai distributor utama sepeda motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat mengajak jurnalis berkunjung ke SMK Negeri 11 Garut yang berada di Kecamatan Cisewu – Garut sebagai salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK ) binaan yang didukung DAM dalam program Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda.

 

Lerri Gunawan, General Manager Sales, Marketing & Logistik PT DAM mengatakan, “Sebagai salah satu program tanggung jawab sosial perusahaan di bidang pendidikan, DAM secara aktif telah memulai program KTSM Honda ini sejak 2009. Program ini dilaksanakan dengan menyusun silabus khusus yang bisa diimplementasikan di tingkat SMK, yang dilanjutkan dengan penyiapan sarana fisik, berupa alat praktik dan laboratorium di sekolah-sekolah yang terpilih. Kepedulian ini tidak hanya berada dipusaran kota besar saja, namun juga menjangkau sekolah yang berada jauh dari kota, termasuk salah satunya adalah SMK 11 Garut Kecamatan Cisewu.”

 

Yudi Heriyadi, Manager Technical Development menambahkan, “Kerjasama KTSM di Jawa Barat sudah melibatkan 81 (delapan puluh satu) SMK yang memiliki jurusan otomotif kendaraan roda dua, dan tahun 2015 direncanakan akan menambah 30 (tiga puluh) SMK. Program kurikulum yang diberikan adalah setara dengan pendidikan yang diberikan untuk mekanik AHASS (Astra Honda Authorized Service Station ) atau Technical Training Level Satu (TTL 1), sehingga siswa-siswa lulusan SMK diharapkan dapat bekerja di AHASS.”

 

Program KTSM juga turut berperan dalam pengembangan kompetensi guru dan siswa, serta pengembangan laboratorium Honda di SMK binaan bekerjasama dengan AHM. Siswa SMK binaan juga kami berikan ruang untuk berkompetisi dalam kontes mekanik khusus pelajar SMK yang akan diadakan pada 17-18 Februari 2015. Nantinya pemenang kontes akan mewakili Jawa Barat bertanding di kontes mekanik pelajar di tingkat nasional.