Honda Tambah SMK yang Terapkan Kurikulum TSM Honda

2014-09-09

Purwakarta – PT Astra Honda Motor (AHM) dan PT Daya Adicipta Mustika (DAM), menambah delapan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di wilayah Jawa Barat yang mengimplementasikan Kurikulum Teknik Sepeda Motor (TSM) Honda. Komitmen Honda untuk mengembangkan keterampilan otomotif bagi generasi muda terus berlanjut, setelah ditandatanganinya perjanjian kerjasama di SMKN 1 Plered, Purwakarta, pada Selasa (9/9).

Delapan SMK tambahan ini yang mengimplementasikan Kurikulum TSM Honda di antaranya SMKN 1 Plered, SMKN 1 Purwakarta, SMK Cipasung Tasikmalaya, SMK Daarul Abror Tasikmalaya, SMK Padjadjaran Plus Sukabumi, SMK Widya Nusantara Bekasi, SMK YP 79 dan SMK Pasundan Kab. Bandung.

Menurut Yudi Heriyadi, Manager Technical  Development (TDE) PT DAM, implementasi kurikulum TSM Honda ini diharapkan menjadi pendorong untuk pengembangan keterampilan otomotif di kalangan generasi muda di Jawa Barat di masa mendatang.

 

“Pengembangan kurikulum TSM Honda ini merupakan bagian dari upaya Honda dalam mendukung implementasi kebijakan pemerintah tentang kerjasama SMK dengan dunia usaha maupun dunia industri. Dengan adanya kurikulum ini, kami berharap dapat berkontribusi meningkatkan kesesuaian program SMK dengan kebutuhan dunia,” ujar Yudi setelah selesai acara.

Penandatanganan ini dilakukan oleh perwakilan sekolah, juga jajaran dari Honda yaitu Wedijanto Widarso (General Manager Technical Service PT AHM), Handy Hariko (Senior Manager Technical Training Department PT AHM), Yudi Yozardi (Manager Corporate Communication PT AHM), Muhammad Alwi (Manager Project Specialist PT AHM), Gunardi (Senior Analyst Technical Training Department PT AHM), dan Yudi Heriyadi -Manager TDE PT DAM, serta perwakilan Dinas Pendidikan Jawa Barat.

Kerjasama ini melengkapi kerjasama sejenis sebelumnya dengan 39 SMK di wilayah Jawa Barat. Sehingga secara keseluruhan di Jawa Barat terdiri 47 SMK yang telah mengimplementasikan kurikulum TSM Honda.

Diharapkan implementasi kurikulum TSM Honda terus berlanjut, sehingga SMK menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang otomotif khususnya sepeda motor. Tentunya pengetahuan serta keterampilan siswa terus mengikuti perkembangan teknologi Honda.

Implementasi upaya PT AHM mengembangkan kurikulum TSM Honda di Jawa Barat didukung sepenuhnya oleh PT DAM. PT DAM, sebagai Main Dealer Sepeda Motor dan Suku Cadang Honda untuk wilayah Jawa Barat, pun telah mengadakan beberapa program yang bertujuan meningkatkan kompetensi para guru SMK, seperti pelatihan dan sinkronisasi kurikulum.

PT DAM juga memberikan buku pedoman servis dan parts catalog serta perlengkapan perbengkelan sesuai standar minimal bengkel resmi Honda atau Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). Selain itu, PT DAM pun melatih kompetensi siswa SMK agar dapat magang di AHASS di kemudian hari.

"Kami berusaha membangun kerjasama dengan pihak SMK dengan harapan dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan usaha, khususnya dunia perbengkelan. Kami berharap kerjasama yang kami bangun ini dapat menambah semangat para pelajar dalam melakukan praktek teknik sepeda motor Honda di sekolahnya," tambah Yudi.

Komitmen PT AHM dan PT DAM ini mendapat sambutan baik dari perwakilan Dinas Pendidikan maupun perwakilan SMK yang hadir. Mereka bertekad dapat melaksanakan kerja sama ini dengan konsisten dan berkesinambungan sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK di Jawa Barat. []