DAM Konsisten Berikan Pelatihan Safety Riding di Jawa Barat

2016-10-20

PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku distributor utama sepeda motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat menggelar pelatihan safety riding secara berkesinambungan ke semua lapisan masyarakat. Dimulai dari anak sekolah sampai dengan masyarakat umum pengguna sepeda motor di wilayah Jawa Barat. Salah satu agenda pelatihan safety riding adalah yang diperuntukan untuk komunitas sepeda motor Honda dan para karyawan di beberapa perusahan-perusahaan di Jawa Barat.

Pelatihan untuk komunitas atau klub sepeda motor Honda telah dilaksanakan di beberapa kota seperti Cimahi, Purwakarta, Bandung, Cirebon, Kuningan, Majalengka dan Bogor. Kegiatan ini diikuti lebih dari 400 bikers pengguna sepeda motor Honda yang tergabung di Ikatan Motor Honda Jawa Barat (IMHJB). Selain itu, pelatihan untuk karyawan telah dilakukan di beberapa perusahaan antara lain PT. Rentokil Group, PT Morena Group, PT. Harrif Bandung dan PT. Nutricia Bandung dan beberapa rusahaan lainnya.

Menurut Lerri Gunawan selaku General Manager Sales, Marketing dan Logistik DAM mengatakan, “Pelatihan Safety Riding untuk Komunitas atau klub bertujuan memberikan pengetahuan teori dan praktek mengenai teknik dasar mengendalikan sepeda motor dan mematuhi undang-undang lalu-lintas beserta menjalankan etika yang baik.”

“Pada kesempatan pelatihan tersebut dibuat sesi sharing discus perihal tata cara touring yang baik dan aman. Untuk dipahami dan dijalankan tata cara berkendara touring atau konvoi yang baik dan aman oleh setiap anggota komunitas atau motor klub,” tambah Lerri.

Sementara itu, Asep Wawan Hernawan, Instruktur Safety Riding DAM menjelaskan, “Untuk pelatihan yang diberikan kepada karyawan perusahaan selain secara teori, setiap peserta mempraktekkan langsung teknik dasar pengendalian sepeda motor, dengan tujuan membekali pengetahuan berkendara yang baik dan aman sehingga setiap peserta dapat bekerja secara produktif di perusahaan tempat mereka bekerja.”  

Menurut Charles Manalu selaku Manager Operasional PT Mandiri Cipta Sejahtera Morena mengatakan, “Kegiatan pelatihan kali ini sangat berbeda dengan sebelumnya, pemaparan materi begitu lengkap mulai dari teknik mengendalikan sepeda motor hingga pembahasan etika berlalu-lintas yang baik dan aman sesuai undang-undang lalu-lintas. Saya yakin pelatihan ini sangat bermanfaat untuk pembekalan peserta dalam berkendara setiap harinya.”

Sedangkan Yordan Syah, Business Support Manager PT Rentokil Indonesia mengungkapkan, “Teknik dasar pengendalian sepeda motor untuk karyawannya sangatlah penting. Karena actual di lapangan mereka dalam berkendara membawa peralatan yang berbobot. Jadi penting sekali untuk mengetahui dan mempraktekkan teknik pengendalian sepeda motor dengan baik dan aman.”

Setiap kegiatan Safety Riding, DAM selalu membuat kemasan acara yang menarik. Perpaduan teori dan praktek aman berkendara yang interaktif mampu membuat peserta antusias mengikuti pelatihan. DAM berharap dengan adanya Kampanye “Safety Riding” ini mampu memberikan kesadaran bagi para pengguna sepeda motor terkait pentingnya keamanan berkendara dalam kegiatan sehari-hari yang pada akhirnya bisa mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas.