DAM Bina 130 SMK KTSM Honda di Jawa Barat

2016-10-27

Sebanyak 8 SMK di Jawa Barat bergabung menjadi SMK Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda di Jawa Barat yang melakukan pengembangan dan menerapkan KTSM. Bergabungnya ke-8 SMK tersebut menambah jumlah SMK yang bekerja sama dengan PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku distributor utama sepeda motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat. Penandatangan MoU dengan ke-8 SMK KTSM dilakukan di SMK PGRI Subang pada 27 Oktober 2016 yang disaksikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Subang Ir. Beni Rudiono, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dr. Dadang Rahman M.Pd, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Subang Drs. H. E. Kusdinar M.Pd, dan Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Jawa Barat Dr. Edi Parmadi, dan management PT Astra Honda Motor (AHM) dan DAM.

Kedelapan SMK yang menanda tangani kerja sama yaitu SMK PGRI Subang, SMK Karya Bahana Bekasi, SMK Karya Nasional Ciamis, SMK Wiraswasta Cimahi, SMKN 1 Lemahsugih Majalengka, SMK Miftahussalam Pangandaran, SMK Nahdhatul Ulama Tasikmalaya dan SMK Bisnis Informasi Bekasi.

Ferdy Sukmawidjaja, General Manager Technical Service DAM mengungkapkan, “Sampai dengan saat ini, tercatat sebanyak 130 SMK yang tersebar di Jawa Barat sudah melakukan kerja sama dengan kami sebagai SMK KTSM binaan Honda. Sebagai SMK binaan Honda, kami memberikan pendampingan berupa kurikulum yang terintegrasi antara dunia pendidikan dan kebutuhan dunia industri, sehingga diharapkan tercipta lulusan-lulusan yang siap bekerja maupun membuka usaha bengkel sendiri.”

SMK yang bekerja sama dengan Honda tidak hanya berupa kurikulum teknik sepeda motor Honda, namun juga berbagai kegiatan untuk meningkatkan keahlian siswa dan guru juga diadakan, misalnya uji kompetensi guru dan seminar teknologi. SMK yang sudah bersertifikat TUK (Tempat Uji Kompetensi) juga dapat melakukan uji kompetensi secara mandiri.

Ferdy menambahkan, “Untuk mengakomodasi lulusan terbaik SMK KTSM, kami menyediakan dan membuka kesempatan untuk bekerja di jaringan AHASS di Jawa Barat. Hingga saat ini DAM dan jaringan AHASS di Jawa Barat telah menerima sebanyak 300 lulusan SMK bekerja di Jaringan AHASS setelah melalui proses rekrutmen.”

Secara reguler, untuk meningkatkan dan mengasah skill siswa SMK, DAM mengadakan kompetisi mechanic skill for student tingkat Jawa Barat yang akan mewakili Jawa Barat di ajang Mechanic Skill Contest for Student yang diselenggarakan oleh AHM.

Sementara itu untuk memeriahkan acara Mou SMK KTSM, DAM juga mengadakan servis ekonomis khusus 100 unit sepeda motor dan juga menghadirkan pelatihan safety riding untuk siswa SMK PGRI Subang agar dapat menciptakan budaya berkendara yang aman dan nyaman.