Customer Care DAM Berikan Solusi Satu HATI Untuk Konsumen di Jawa Barat

2016-11-10

Komitmen memberikan layanan Satu Hati tidak hanya dikumandangkan saja oleh PT Daya Adicipta Motora (DAM) sebagai distributor sepeda motor dan suku cadang Honda di regional Jawa Barat, DAM senantiasa menyuguhkan layanan kelas satu untuk konsumen Honda yang tersebar di 224 dealer dan 531 bengkel resmi Honda atau Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Upaya memanjakan konsumen Honda salah satunya adalah memberikan waktu lebih untuk mendengarkan dan menjawab segala macam pertanyaan yang disampaikan melalui telepon, sms, e-mail, media sosial dan lainnya. Untuk menjawab kebutuhan dan pertanyaan konsumen yang beragam, DAM menyiapkan tim khusus untuk menampung dan menyalurkan pertanyaan atau keluhan tersebut. Tim khusus tersebut bernama Customer Care berada di divisi Honda Customer Care Center (HC3) yang digawangi oleh Fenny Hasibuan.

Fenny Hasibuan, General Manager HC3 DAM mengutarakan, “Customer Care Center DAM merupakan garda paling depan untuk mendengarkan suara konsumen. Dari tim inilah DAM akan memotret suara konsumen di Jawa Barat. Tim customer care DAM bekerja penuh dedikasi hingga larut malam melayani konsumen yang bertanya mengenai produk Honda maupun menanggapi keluhan.”

Lebih lanjut Fenny mengungkapkan, “Sepanjang tahun 2016, Customer Care DAM menangkap suara - suara konsumen yang terdiri dari pertanyaan umum seputar jaringan Honda di Jawa Barat, produk sampai suku cadang, pertanyaan teknis tentang mesin, keluhan, hingga komentar dan masukan konsumen terhadap produk sepeda motor Honda. Kami sangat menghargai masukan konsumen untuk kemajuan bisnis Honda di Jawa Barat karena konsumenlah yang membesarkan kami.”

Sementara itu, salah satu Customer Relationship Officer DAM, Yohanes Waluyo, sempat mencatat prestasi gemilang sebagai Juara 1 Kontes Layanan Honda Nasional yang diselenggarakan AHM tahun 2012, aktifitas utamanya adalah menghubungi kembali setiap konsumen yang menginfokan keluhannya kemudian membantu proses penyelesaiannya, mulai dari koordinasi dengan jaringan diler, koordinasi dengan departemen terkait di DAM atau konsultasi sampai ke AHM”.
“Tidak semua keluhan konsumen bisa diselesaikan atau negosiasi via telepon. Terkadang kami harus turun ke lapangan, bertemu dengan jaringan bahkan sampai kelokasi kejadian atau kerumah konsumen untuk melihat fakta, memberikan edukasi atau penjelasan masalah. Tetapi yang paling penting adalah menyimak apa yang dikeluhkan konsumen. Tim Customer Care mempunyai misi memberikan solusi yang terbaik untuk setiap permasalahan. Niat kami selalu ingin membantu konsumen yang memerlukan bantuan seputar produk ataupun layanan Honda,” ungkap Waluyo.

Selain Waluyo, Customer Relationship Officer (CRO) DAM yang menangani suara konsumen adalah Asep Suprihatino yang sudah bergabung sejak tahun 2006 di DAM. Karirnya diawali dari pengalaman sebagai mekanik handal sehingga hal ini menjadi bekal menjalani peran sebagai CRO. “Pengalaman paling berkesan selama saya bekerja di DAM sebagai CRO adalah ketika kami dapat menyelesaikan masalah konsumen, dimana konsumen merasa senang dengan solusi dari kami dan hingga sekarang kami masih menjalin relasi yang baik dan sudah seperti keluarga.

Asep menambahkan, “Menjadi CRO sangat menyenangkan, disitu saya banyak mengetahui berbagai karakter konsumen seperti pendiam, banyak bicara, keras, lugu dan polos, jujur, pemarah  dan lainnya. Selain itu saya dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi, bernegosisasi sesuai karakter konsumen, dan bahkan melakukan investigasi seperti detektif profesional untuk mengetahui fakta yang sebenarnya terjadi”.

Baik Waluyo dan Asep menceritakan bahwa setiap pekerjaan mempunyai seninya sendiri, suka duka itu pasti ada. Jadi, mencintai profesi adalah kunci utama agar kita bahagia ketika menjalankan tugas. Bangga terhadap profesi itu dan selalu bersyukur atasnya. Itulah sekelumit cerita kami dalam menjalankan tugas sebagai CRO. Selalu menggunakan hati dalam bekerja dan berkarya. Selalu Satu HATI untuk konsumen Honda.