Kisah Delivery Man Honda Jawa Barat Antar Sepeda Motor Konsumen
Senin, 24 Oktober 2016

Kisah Delivery Man Honda Jawa Barat Antar Sepeda Motor Konsumen

PT Daya Adicipta Motora (DAM) adalah distributor sepeda motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat. Hingga kini, dealer resmi Honda telah mencapai 224 dealer dan memiliki 367 Delivery Man atau petugas dealer yang bertugas mengantarkan sepeda motor Honda pilihan konsumen yang tersebar luas di Jawa Barat.

Menurut Fenny Hasibuan, General Manager Honda Customer Care Center ( HC3) DAM, “Salah satu layanan yang kami berikan adalah mengantarkan sepeda motor kepada konsumen. Kami mengembangkan jajaran Delivery Man Honda agar mampu memberikan layanan tulus, mengantar sepeda motor dalam kondisi prima dan siap dikendarai sehingga konsumen puas dan menjadi pelanggan loyal.”

Dalam mengantarkan unit kendaraan sepeda motor Honda, setiap Delivery Man Honda memiliki banyak pengalaman berkesan. Seperti yang diungkapkan oleh Victor L. Raprap dari Setia Anugrah Motor – Bogor, Sigit  dari Tunas Dwipa Matra – Bekasi, Pieter Auliya dari Daya Adicipta Mustika – Bandung, Iyus Darusman dari Niaga Redja Abadi – Tasikmalaya, dan David Eka dari Astra International – Bandung.

Victor L. Raprap mengatakan, “Pengalaman paling berkesan saat mengantarkan unit sepeda motor Honda ke konsumen adalah ketika harus melakukan pengiriman ke konsumen yang meminta untuk dikirim sesuai waktu yang sudah konsumen tentukan, yaitu jam 03.00 WIB dini hari”.

Tidak hanya motor yang dikirimkan dalam kondisi prima yang menjadi perhatian konsumen, tetapi juga penampilan dari Delivery Man Honda. “Saat pengiriman, konsumen mengatakan penampilan personal saya sudah melambangkan kesiapan motor yang akan diterima konsumen dan pelayanan yang diberikan pasti lebih baik,” ujar Victor.

Sementara Sigit dari Tunas Dwipa Matra mengungkapkan, “Belum lama ini, tepatnya hari Minggu, 2 Oktober 2016 lalu, saya mengirim motor ke Gedung Samudera di Jakarta. Ternyata konsumennya adalah seorang artis bernama Gilang Dirga. Kemudian saya langsung disambut oleh beliau dan asistennya sambil diajak makan siang setelah mengantarkan motor tersebut.”

David Eka – Astra International Bandung mengatakan, “Awal saya kerja tahun 2003 menjadi delivery man dan belum begitu mengenal nama-nama daerah dan management punya program untuk konsumen yaitu ‘Beli Hari Ini, Kirim Hari Ini’. Kebetulan ada konsumen Honda, datang ke dealer sekitar jam 14.00 WIB untuk membeli 1 unit sepeda motor Honda Karisma tahun 2005. Lalu kami proses dan baru selesai sekitar jam 16.30 WIB dan langsung dikirim ke rumah konsumen di Pangalengan berbatasan dengan Kab. Garut dengan kondisi jalanan rusak dan tiba di lokasi malam hari sekitar pukul 22.00 WIB.”

“Pengalaman berkesan bulan September lalu. Ada salah satu konsumen setia Honda kembali membeli sepeda motor Honda untuk kedua kalinya. Pertama Honda Vario 110cc itu tahun 2009, sedangkan bulan kemarin beliau membeli All New Honda BeAT eSP. Saya tidak menyangka, ternyata konsumen tersebut masih ingat dengan saya, dan meminta untuk saya kembali yang mengirimkan unit sepeda motor Honda ke rumahnya. Saya merasa dihargai oleh konsumen yang masih mengingat saya,” ucap Iyus dari Tasikmalaya.

“Bekerja sebagai delivery man di PT DAM sudah menginjak usia ke-10 tahun. Selama itu, saya sudah bertemu dengan konsumen yang mempunyai karakter dan budaya yang berbeda-beda. Bahkan beberapa konsumen yang hingga sekarang menganggap saya sudah seperti saudara karena saya selalu melayani seluruh konsumen setia Honda dengan sepenuh hati,” ungkap Pieter dari Bandung.

Untuk memberikan motivasi dan apresiasi sekaligus mendorong peningkatan keterampilan delivery man agar dapat melayani konsumen dengan baik, sejak 2012 DAM setiap tahun menggelar Kontes Layanan Honda Regional Jawa Barat. Kontes ini tidak hanya diikuti oleh Delivery Man, tetapi juga Frontline, dan Pimpinan Jaringan.

“Konsumen sepeda motor Honda adalah bagian dari keluarga besar Honda. Kami dan jaringan Dealer serta AHASS berkomitmen memberikan layanan "Satu Hati" untuk konsumen,” tutup Fenny.