DAM Dukung “Smilemotion Charity Concert” Peduli Penderita Celah Bibir
Minggu, 18 Desember 2016

DAM Dukung “Smilemotion Charity Concert” Peduli Penderita Celah Bibir

PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku distributor utama sepeda motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat turut mendukung kegiatan “Smilemotion Charity Concert” yang diadakan oleh BEM KEMA FKG Universitas Padjadjaran (UNPAD) yang bekerja sama dengan Yayasan Pembina Penderita Celah Bibir dan Langit-Langit (YPPCBL). Bertemakan “Movement”, tahun ini Smilemotion mempersembahkan berbagai karya anak-anak penderita celah bibir atau sumbing kepada masyarakat luas melalui konser ini. Selain itu, konser yang diadakan pada 17 Desember 2016 di Auditorium Sasana Budaya Ganesha – Bandung ini juga menjadi sebuah sarana bagi masyarakat yang ingin berkontribusi dalam membantu para penderita celah bibir, karena seluruh keuntungan dari kegiatan ini akan disumbangkan kepada YPPCBL.

Lerri Gunawan, General Manager Sales, Marketing & Logistik DAM memaparkan, “DAM turut serta mendukung gerakan kepedulian terhadap penderita celah bibir khususnya yang berada di Kota Bandung dan sekitarnya. Kami memberikan apresiasi kepada BEM KEMA FKG UNPAD dan YPPCBL yang telah bekerja keras menyelenggarakan Smile Motion Charity Concert ini. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR).”

Saat ini penderita celah bibir merupakan sebuah masalah yang masih kurang diperhatikan oleh masyarakat dan pemerintah, karena celah bibir dianggap tidak mematikan seperti HIV/AIDS dan kanker. Padahal, celah bibir dapat menyebabkan gangguan fungsi bicara, pernafasan, gangguan pencernaan, dan bahkan psikologis penderita. Penderita bibir sumbing sering kali mengalami deformitas wajah atau kelainan bentuk wajah. Hal inilah yang menjadi salah satu masalah terbesar bagi para penderita dan menyebabkan kurangnya kepercayaan diri mereka. Oleh karena itu, BEM KEMA FKG UNPAD bekerja sama dengan YPPCBL untuk membentuk Smilemotion pada tahun 2014.

Sementara itu, Wiana Ariztriani selaku Project Officer Smilemotion mengatakan, “Acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat terhadap para penderita celah bibir sehingga timbul rasa empati terhadap mereka. Rasa empati ini diharapkan dapat menghilangkan stigma negatif terhadap permasalahan celah bibir. Selain itu, Smilemotion juga ingin meningkatkan rasa percaya diri para penderita dengan bersama-sama berkreasi dan menampilkan kreativitas mereka kepada masyarakat.”

Pada tahun ini Smilemotion memiliki rangkaian pre-event Inspiring Smile Movement (ISM) yang merupakan sebuah rangkaian kegiatan yang memiliki tujuan Jawa Barat bebas bibir sumbing. Pada kegiatan ini Smilemotion turun ke jalanan di area Bandung Timur diantaranya Arcamanik, Cibiru, Panyileukan, dan sebagainya. Sebanyak 200 orang panitia mengunjungi puskesmas-puskesmas yang ada di daerah-daerah tersebut dan mempublikasikan operasi gratis yang diadakan oleh FKG Unpad. Smilemotion juga mendatangi rumah para penderita untuk didaftarkan operasi secara langsung.

Selain itu, ada pula acara sehari berkarya bersama anak bibir sumbing. Pada kegiatan ini Smilemotion bersama-sama dengan anak-anak binaan YPPCBL membuat berbagai macam prakarya yang kemudian akan ditampilkan di galeri pada saat konser berlangsung. Kegiatan ini bertujuan untuk menginspirasi dan memotivasi masyarakat luas agar terus berkarya.